Volume Sampah Naik 50 Persen

  • Whatsapp
Sejumlah masyarakat dibantu Anggota TNI saat bahu-membahu membersihkan pantai akibat volume sampah yang meningkat akibat sisa wisatawan yang berkunjung saat libur tahun baru beberapa waktu lalu. (foto: dok)

SUKABUMI — Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi memprediksi kenaikan volume sampah hingga 50 persen pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Kenaikan sampahnya khususnya akan terjadi di sejumlah lokasi wisata di Sukabumi yang menjadi pusat keramaian pengunjung.

Bacaan Lainnya

“Untuk tempat-tempat wisata, bisa mencapai 20 hingga 50 persn kenaikan volume sampah,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi Denis Eriska.

DLH Kabupaten Sukabumi meningkatkan upaya untuk mengangkut sampah. Misalnya dengan menyiapkan 2 unit dumptruck dan 10 petugas untuk siaga selama momen libur Natal dan Tahun Baru.

DLH juga akan menambah tempat-tenpat sampah tambahan di beberapa lokasi yang strategis seperti kawasan wisata, pertokoan, dan tempat-tempat lainnya. Harapannya, kata Denis, para wisatawan dapat membuang sampah pada tempatnya. Sehingga kebersihan lokasi wisata dapat terjaga dan memberikan kenyamanan kepada pengunjung.

Denis mengatakan, petugas akan mengimbau para pengunjung untuk mematuhi aturan membuang sampah pada tempatnya. Sehingga, tidak ada lagi sampah yang dibuang sembarangan.

Sukabumi mengacu kepada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Persampahan dan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *