Viral Sampah di Pantai Cibuntu, Murid SMK Yasipa Palabuhanratu Ikut Bantu Bersih-bersih

BERSIHKAN SAMPAH : Puluhan siswa SMK Yasipa Terpadu Palabuhanratu saat ikut melakukan pembersihan bersama TNI/Polri dan semua lapisan masyarakat di pantai Cibuntu Desa Loji Kecamatan Simpenan.
BERSIHKAN SAMPAH : Puluhan siswa SMK Yasipa Terpadu Palabuhanratu saat ikut melakukan pembersihan bersama TNI/Polri dan semua lapisan masyarakat di pantai Cibuntu Desa Loji Kecamatan Simpenan.

SUKABUMI — Setelah viralnya terkait tumpukan sampah di Pantai Cibutun Desa Sangrawayang dan Pantai Cibuntu Desa Loji Kecamatan Simpenan oleh akun Pandawa Grup.

Pemerintah Kabupaten (Sukabumi) yang bekerjasama dengan Kondim (0266) dan element masyarakat hari ini melakukan pembersihan sampah. Padahal, menurut agenda Pandawa Grup akan melakukan pembersihan pada tanggal 6 sampai 7 Okterber mendatang.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, bukan masalah siapa yang dahulu bergerak, tapi bukti nyata membersikan sampah adalah hal yang baik. Dan perlu dikembangkan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan pantai di Kabupaten Sukabumi.

Diantara ratusan atau ribuan masyarakat, terlibat juga siswa-siswi dari Sekolah Menengahi Kejuruan (SMK) Yasipa Palabuhanratu Terpadu yang digerakkan untuk ikut membersihkan tumpukan sampah.

Abdul Aziz (34) salah satu guru SMK Yasipa Terpadu Palabuhanratu menyebutkan, sengaja menerjunkan siswa-siswinya ke lapangan untuk membantu pembersihan sampah yang menumpuk.

Selain ada surat undangan ke sekolah, dirinya juga sekalian mengajarkan anak muridnya untuk peduli terhadap lingkungan.

“Ya setidaknya, saat murid diajak membersihkan sampah. Jiwa peduli lingkungannya muncul, jadi tidak lagi ada namanya membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai. Ini faktanya akibat membuat sampah ke sungai, bermuara dan bertumpuk di pantai ini, “jelas Abdul Aziz sambil memerintahkan siswanya bergerak memungut sampah, pada Rabu (04/10/2023)

Menurut pria yang akrab disapa Adoel ini, mengatakan kepedulian tentang sampah memang harus ditanamkan sejak dini. Pasalnya prilaku membuah sampah sembarangan bisa berakibat fatal. Selain terjadi penumpukan sampah, tentu kalau dilingkungan akan menjadikan banjir akibat Solokan mampet.

“Saya rasa pelibatan semua kalangan terutama anak anak sekolah sangat baik ya, ini bisa jadi awal untuk menciptakan generasi penduli lingkungan, “cetusnya sampai tersenyum tipis.

Sebelumnya diketahui, Hari ini (04/10/2023) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, dikabarkan melakukan bersih-bersih Sampah di Pantai Cibutun Desa Sangrawayang dan Pantai Cibuntu Desa Loji Kecamatan Simpenan.

Berdasarkan surat yang dilihat dengan Nomor 600.4.15./548-PMD/2023 disebutkan bahwa aksi bersih-bersih dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke 78 yang bekerja sama antara Kondim 0266 dan pemkab melakukan lokasi sampah di lokasi yang diviralkan oleh Pandawagrup belakangan ini. Kegiatan tersebut seolah-olah tidak mau kecolongan setelah Pandawagrup akan melakukan dan mengajak pembersihan pada 6 sammpai 7 Oktober 2023 mendatang. (hnd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *