KABUPATEN SUKABUMI

Siswa MI Diperkenalkan Kadarkum

CIKEMBAR – Ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) 3 Sukabumi di Kampung Sampora, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar mengikuti penyuluhan sadar hukum dan pemahaman tertib berlalu lintas di halaman sekolah, kemarin (14/10). Selain untuk memperkenalkan tugas pokok dan fungsi (Tufoksi) kepolisian, juga kegiatan ini dalam upaya menciptakan siswa yang taat aturan.

Kapolsek Cikembar, AKP I Djubaedi mengatakan, penyuluhan sadar hukum soal tata tertib berlalu lintas ini sangat penting dilakukan agar siswa dapat membangun kesadaran tentang pentingnya keselamatan diri saat berlalulintas.

“Kami selalu intens melakukan sosialisasi mulai dari tingkat SD hingga SMA. Agar mereka sejak dini ini sudah memiliki rasa tertib berlalulintas,” jelas I Djubaedi kepada Radar Sukabumi, kemarin (14/10).

Dalam penyuluhan yang diselenggarakannya, sambung I Djubaedi, para siswa diberikan pemahaman soal disiplin dan keselamatan berlalu lintas. “Manfaatnya nanti, supaya dimasa mendatang mereka memiliki rasa disiplin berlalulintas, hingga akhirnya pelanggaran dan kecelakaan dapat diminimalisir,” tandasnya.

Selain penyuluhan tertib berlalu lintas, pihaknya juga memberikan himbauan tentang bahaya penggunaan obat-obatan terlarang yang dikemas melalui kemasan jajanan.

“Saya meminta kepada pihak sekolah agar meningkatkan kewaspadaannya. Bila ada tukang dagang baru datang dan menjual makanannya di lingkungan sekolah, harus dicek terlebih dahulu. Jangan sampai tukang dagang itu menjual makanan yang tidak sehat dan mengandung obat-obatan terlarang,” imbuhnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh siswa untuk mengurangi bermain handphone. Karena dapat menggangu konsentrasi saat proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). “Orang tua pun harus lebih selektif ketika memberikan barang-barang kepada anaknya. Jangan sampai dampaknya nanti terhadap perkembangan anak,” bebernya.

Sementara itu, orangtua siswa, Nining Tita (45), warga Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar mengapresiasi atas penyuluhan sadar hukum dan pemahaman tertib berlalu lintas itu.

Karena selain dapat menanamkan kebiasaan berlalulintas dengan baik, juga dapat memembentuk siswa menjadi pribadi yang baik dan taat pada aturan. “Saya berharap kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan, manfaatnya sangat luar biasa,” singkatnya. (Den/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button