Program BSMSS Desa Kebonpedes Tuntas

  • Whatsapp
I/RADAR SUKABUMI) PENUTUPAN : Puluhan prajurit Kodim 0607/Kota Sukabumi bersama warga dan pemerintah Desa/Kecamatan Kebonpedes saat melakukan prosesi penutupan program BSMSS.

KEBONPEDES — Program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kodim 0607/Kota Sukabumi, disambut baik masyarakat Desa/Kecamatan Kebonpedes. Hal itu terlihat saat penutupan program tersebut oleh Kasdim 0607/Kota Sukabumi, Mayor CHB Rohman Khoirulloh, Danramil Sukaraja, Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Kepala Desa Kebonpedes, BPD Desa Kebonpedes serta masyarakat setempat.

Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani mengatakan, program BSMSS di Desa Kebonpedes ini, Kodim 0607/Kota Sukabumi telah membangun pembukaan ruas jalan raya di Kampung Ranji Kaler RT 02 dan RT 03/RW 08 Desa/Kecamatan Kebonpedes sepanjang 850 meter dengan lebar tiga meter.

Bacaan Lainnya

“BSMSS ini bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, sehingga bisa meningkatkan kualitas masyarakat di desa ini,” jelas Dadan kepada Radar Sukabumi, Rabu (22/7).

Pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh stakehoalder, mulai dari pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0607/Kota Sukabumi yang sudah pembangunan jalan baru tersebut, sehingga proses pembangunan infrastruktur ini, dapat berjalan sesuai harapan.

“Pembangunan jalan ini, sangat bermafaat untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi warga sekitar,” paparnya.

Menurutnya, pembangunan jalan baru ini sangat dibutuhkan warga Desa/Kecamatan Kebonpedes, khususnya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi warga.

“Warga sangat gembira dengan dibangunnya jalan ini. Karena, setelah dibangun seperti ini warga khususnya para petani dapat dengan mudah mengangkut hasil pertaniannya ke pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Kasdim 0607/Kota Sukabumi, Mayor CHB Rohman Khoirulloh mengatakan, pihaknya mewakili Dandim 0607/Kota Sukabumi meminta permohonan maaf kepada seluruh warga, bila dalam pelaksanaan program BSMSS ini, dapat mengganggu aktivitas warga setempat.

“Program BSMSS ini, merupakan karya bhaktinya tentara- tentara siliwangi kepada masyarakat,” katanya.

Program BSMSS ini, dapat dilaksanakan di wilayah Desa Kebonpedes ini, merupakan hasil kerjasama Kodim 0607/Kota Sukabumi dengan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi. Hal ini dimaksudkan untuk mensejahtrakan masyarakat.

“Pembangunan jalan ini, kami lakukan mulai dari nol sampai dengan muncul pengerasan jalan seperti ini,” katanya.

Kegiatan yang memiliki makna strategis dalam upaya pelestarian kemanunggalan prajurit terhadap masyarakat itu, dibuktikan dengan bersama-sama membuka jalan baru.

“Iya, dulunya itu bila masyarakat hendak mengangkut pupuk atau pun mengangku hasil bumi, mereka menggunakan biaya cukup besar. Namun, setelah adanya jalan baru ini, Insya Allah biaya bisa dikurangi dan lebih efektif serta efisien,” paparnya.

Dalam program BSMSS tahun ini, sambung Rohman, Kodim 0607/Kota Sukabumi selain membangun jalan baru sepanjang ratusan meter, juga telah membangun plat beton sebanyak enam unit dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) sebanyak enam titik.

“Selain itu, di luar jalur program BSMSS juga, Dandim 0607/Kota Sukabumi telah membangun MCK untuk masyarakat yang bersumber dari anggaran pribadi Dandim. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian TNI kepada warga.

Iya, MCK-nya memiliki ukuran sekitar 4 k ali 2,5 meter dengan tinggi 3 meter. Dalam MCK ini, bisa dimanfaatkan warga untuk mencuci baju, mandi dan untuk BAB,” ujarnya.

Pihaknya berharap dengan diselenggarakannya program BSMSS ini, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat semakin kuat.

Selain itu, setelah pembangunan jalan baru tersebut, selesai pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat Desa Kebonpedes agar dapat menjaga dan merawat kebersihan lingkungan di sepanjang ruas jalan baru tersebut.

Salah satunya, jangan membuang sampah sembarangan. “Proses pembangunan jalan baru ini, dapat memakan waktu sektiar tiga bulan, mulai dari perencanaan sampai sekarang.

Alhamdulillah pembangunan dapat kami laksanakan sesuai dengan target yang direncanakan. Dengan Kodim turun ke lapangan, diharapkan masyarakat dapat lebih percaya kepada TNI dan Insya Allah negara akan semakin kuat,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *