KABUPATEN SUKABUMI

Polsek Gunungguruh Binluh Cegah Kenakalan Remaja

GUNUNGGURUH – Ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Fathonah, Desa Cimanggu, Kecamatan Gunungguruh, mengikuti bimbingan dan penyuluhan (Binluh) mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dari Polsek Gunungguruh, Resort Sukabumi Kota, Jum’at (25/10).

Hal ini, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai bahayanya peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang melibatkan kaum remaja terutama di usia sekolah.

Kapolsek Gunungguruh, Iptu Yudi Wahyudi mengatakan, Indonesia merupakan negara yang besar dan memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah, sehingga menimbulkan niatan dari negara-negara lain untuk bisa menguasai negara Indonesia. Salah satu bentuk untuk menguasi negara Indonesia, mereka kerap merusak generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa dengan mengkonsumsi narkoba.

“Saat ini narkoba telah memasuki pada usia remaja serta sekolah-sekolah. Hal ini, sudah menjadi sasaran mereka,” jelas Yudi kepada Radar Sukabumi, Jum’at (25/10).

Meski di wilayah hukum Polsek Gunungguruh, belum ditemukan kasus peredaran narkoba maupun obat terlarang yang melibatkan siswa. Namun, pihaknya tetap mewaspadai dan mengajak seluruh siswa untuk bersama-sama menberantas peredaran narkoba. “Saya harap, mereka sebagai penerus bangsa, dapat membantu polisi untuk memberantas narkoba,” paparnya.

Selain memberikan pemahamanan bahaya narkoba, para siswa juga diberikan pengertian agar menghindari kenakalan remaja dan pergaulan bebas yang berdampak pada masa depannya.

Menurutnya, binluh ke tiap sekolah yang berada di wilayah hukumnya Polsek Gunungguruh merupakan upaya preventif untuk mengantisipasi kenakalan remaja yang melibatkan pelajar.

“Kami juga memberikan materi tentang kedisiplinan termasuk juga tugas dan kewajiban apa saja sebagai seorang pelajar mulai lingkungan keluarga, sekolah sampai pergaulannya. Sehingga mereka bisa memahami tanggung jawabnya sebagai pelajar. Semoga, para pelajar akan lebih disiplin dan tidak terlibat dalam kenakalan remaja,” ujarnya.

Pembina Yayasan SMK Al-Fathonah, Ridwan Subagja mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kinerja pihak kepolisian yang telah melakukan Binluh terhadap ratusan siswanya.

“Tentunya ini, dapat membantu pihak sekolah dalam mencetak generasi bangsa yang berkualitas dan memiliki karakter akhlakul karimah. Sebab, saat melakukan binluh, para siswa diberikan pemahaman akan bahaya penyalahgunaan narkoba, obat-obatan ilegal serta kenakalan remaja,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan kerjasama yang baik dengan pihak kepolisian dalam melakukan pembinaan siswanya tersebut.

“Intinya, kerjasama ini bukan hanya dilakukan di ruang lingkup sekolah. Tetapi, jika nanti terdapat siswa yang nakal di luar lingkungan sekolah, diharapkan polisi dapat menindaknya dan melaporkannya kepada pihak sekolah,” pungkasnya. (den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *