Polres Sukabumi Bentuk Rayonisasi Polsek Siaga

Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra Harahap saat menjelaskan pembentukan rayonisasi Polsek siaga, Minggu (26/1).

SUKABUMI — Untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan setelah terjadinya bentrokan di wilayah Sukaraja, Polres Sukabumi menyiagakan anggotanya sekaligus membentuk rayonisasi Polsek siaga.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, setiap personil polsek akan bersiaga setiap harinya secara gabungan dalam satu rayon. Pada hari biasa, rayonisasi polsek siaga dipimpin Pama atau Bintara Tinggi. Sedangkan pada akhir pekan dipimpin langsung oleh para Kapolsek secara bergantian.

Bacaan Lainnya

Kapolres Sukabumi, AKBP Nuredy Irwansyah Putra Harahap menjelaskan, menyikapi perkembangan situasi Kamtibmas akhir ini setelah terjadi bentrok dua ormas di Kecamatan Sukalarang yang merupkan wilayah hukum Polres Sukabumi Kota tersebut.

Karena letak Polsek yang ada di Polres Sukabumi yang secara geografis berjauhan, maka untuk memudahkan mobilisasi dan konsolidasi personil dibentuk rayonisasi.

“Perintah rayonisasi siaga yang di mulai pada hari Sabtu (25/1) ini membagi polsek dalam beberapa rayon antara lain rayon utara, rayon barat, rayon tengah dan rayon selatan,” jelas Nuredi melalui Kasubag Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saepul Rohman kepada Radar Sukabumi, Minggu (26/1).

Lanjut Aah, selain di Polsek kesiagaan juga dilakukan di Polres Sukabumi. Untuk di Polres diatur Pawas yang akan memimpin anggota opsnal setiap satuan fungsi yang setiap harinya bersiaga.

“Pembentukan rayonisasi siaga Polsek dan siaga Pawas di Polres guna memudahkan konsolidasi dan pergeseran personil dalam waktu yang cepat ketika terjadi gangguan Kamtibmas” paparnya.

Menurutnya, pembentukan rayonisasi siaga ini sebagai bentuk antisipasi Polres Sukabumi untuk menyikapi dinamika situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Sukabumi atau juga sebagai persiapan bantuan BKO kepada Polres terdekat.

“Namun demikian pergerakan dan pergeseran personil merupakan kewenangan Kapolres Sukabumi atau juga bisa Wakapolres dan Kabag Ops atas seijin Kapolres Sukabumi,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *