Pesilat Sabandar Karimadi Palabuhanratu Unjuk Kebolehan

Perguruan Pencak Silat Sabandar Karimadi Palabuhanratu
Murid dari Perguruan Pencak Silat Sabandar Karimadi Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi mempraktekkan hasil latihan

SUKABUMI – Puluhan pesilat yang tergabung dalam Perguruan Silat Sabandar Karimadi Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, unjuk kebolehan dalam latihan gabungan seni ibing.

Kegiatan ini dihelat sekaligus memperingati wafatnya atau haul almarhum Abah Uci Sanusi ke-16 di Padepokan Sabandar Karimadi Jalan H. Anwari, Nomor 17, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia latihan gabungan dan haul Abah Uci, Tom Arisandi mengatakan, latihan gabungan ini merupakan evaluasi anggota atau perguran silat Sabandar Karimadi. Apalagi selama ini sudah beberapa vakum, karena situasi pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, latihan gabungan berjalan dengan lancar, anak-anak senang ketika bisa tampil di depan umum. Agendannya pagi evaluasi anak-anak ngibing dan malam hari haol guru silat Sabandar Karimadi almarhum Abah Uci Sanusi ke-16,” ujar Tom Arisandi kepada Radar Sukabumi, Minggu (23/01).

Dijelaskan Tom, adapun yang tampil dalam evaluasi itu ada 47 unit. Masing-masing perwakilan unit menampilkan hasil daripada latihan yang selama ini mereka pelajari selama berguru atau latihan di perguruan silat Sabandar Karimadi.

“Evaluasinya terkait dengan peningkatan kualitas dan kemampuan selama berlatih, dari mulai latihan sampai hari ini. Biasanya evaluasi dilakukan pada awal tahun dan akhir tahun atau biasanya disebut dengan ngabungbang rutinitas muludan yang selama ini vakum karena mengikuti intruksi Bupati Sukabumi dan ketua IPSI,” jelas Tom.

Di sisi lain, sambung Tom, latihan gabungan ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahim. Ia menjelaskan, perguruan pencak silat dan seni beladiri Sabandar Karimadi ini memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh lebih sehat, selain untuk kesehatan tubuh bagi yang menekuninya bentuk Beladiri Sabandar.

“Ini didasari oleh gerakan seluruh bagian tubuh sebagai variasi latihan fisik. Selain itu stamina, fleksibilitas, keseimbangan dan kekuatan juga menjadikan dasar dari olah raga beladiri. Ada manfaat dari berbagai teknik beladiri, tapi dari sisi kesehatan pencak silat akan membuat tubuh lebih sehat jika dilakukan dengan benar,” tandasnya. (ris/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.