Wabup Sukabumi Serukan Setop Diskriminasi ODHA

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri

SUKABUMI – Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk tidak melalulan diskriminasi terhadap para penderita HIV Aids.

Bahwa faktanya, berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Sukabumi diketahui ada 36 orang anak dan puluhan ibu hamil berstatus Orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Bacaan Lainnya

Iyos menegaskan bahwa ODHA memiliki hak yang sama dengan orang lain untuk hidup normal. Namun, kenyataannya tidak jarang dari mereka yang mengalami diskriminasi seperti dikucilkan oleh orang di lingkungannya karena takut tertular virus HIV.

“Ini yang harus disikapi oleh kita semua dan diedukasi kepada masyarakat. Iya, dan yang paling penting jangan sampai ada diskriminasi dan mereka itu jangan sampai diasingkan,” kata Iyos kepada Radar Sukabumi belum lama ini.

Oleh karna itu, Iyos mengajak kepada seluruh warga Kabupaten Sukabumi untuk terus melakukan upaya pencegahan penyebaran HIV/AIDS.

Dengan upaya pencegahan sejak dini bagi yang belum terjangkit dan bagi yang sudah terjangkit untuk terus semangat memperbaiki masa depannya dengan meningkatkan moralitas kerohanian.

“Kami mengharapkan tidak ada lagi ODHA yang dikucilkan. Mereka memiliki hak yang sama dalam bersosialisasi atau pekerjaan. Iya, justru harus ditolong dan diberikan keyakinan kepada mereka.

Karena mereka jika yang sudah terkena itu kemudian didiskrimanasi itu kasihan dan harus diberikan semangat,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara mengaku sangat prihatin perihal banyaknya warga Kabupaten Sukabumi yang terjangkit penyakit HIV/AIDS.

“Saya sangat prihatin. Karena penyakti HIV/AIDS ini sangat dan cukup memprihatinkan di Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.