Hari Lahir Pancasila, Wabup Sukabumi: Momentum Bagi Kita Untuk Memahami dan Mengamalkanya

Hari Lahir Pancasila Kabupaten Sukabumi
Hari Lahir Pancasila Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila yang di Pimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

Upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Nasional yang dilaksanakan di Kab Ende Nusa Tenggara Timur itu diikuti Wabup secara virtual dari Pendopo Sukabumi, Rabu 1 Juni 2022.

Bacaan Lainnya

Peringatan lahirnya Pancasila tahun 2022 mengusung tema” “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.”

Dalam Sambutanya Presiden Jokowi mengatakan dipilihnya Kota Ende karena memiliki sejarah kuat dengan kelahiran Pancasila, di kota Ende Bapak pendiri bangsa, Bung Karno, merumuskan dan mengumumkan Pancasila yang kemudian di sahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dan selanjutnya menjadi dasar negara Indonesia .

“Saya mengajak anak anak bangsa untuk bersama sama membumikan dan aktualisasikan Pancasila dalam kehidupan.

Pancasila harus tegak di bumi Indonesia, sejarah membuktikan ketika bangsa indonesia menghadapi tantangan dan ujian Pancasila tetap tegak berdiri kokoh di negara Indonesia.”

Masih dalam sambutannya, Presiden mengatakan bahwa Nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan sehari hari. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan.

Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.

” Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara,” tegasnya.

Usai mengikuti Upacara, Wabub mengatakan bahwa pada tanggal 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila merupakan momentum bagi kita untuk lebih memahami dan mengamalkanya.

“Sesuai dengan arahan Pak Presiden bahwa kita ini sebagai insan, sebagai abdi negara sebagai manusia Indonesia wajib dan harus memahami Pancasila dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Kabupaten Sukabumi, Forkopimda, Perangkat daerah dan unsur lainnya. (*)

Hari-Lahir-Pancasila-Kab-Sukabumi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *