DPMD Kabupaten Sukabumi Beberkan Sederet Program TMMD

DPMD Kabupaten Sukabumi
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi berkoordinasi dengan Komandan Korem 0622 Suryakencana Bogor Kolonel Brigjen TNI Achmad Fauzi

SUKABUMI – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi selesai dilaksanakan pada Maret 2021 lalu.

Sejumlah program pembangunan non fisik maupun fisik di daerah itu pun tuntas dikerjakan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi Andriyansyah S mengatakan, TMMD kali ini merupakan bentuk kepedulian TNI dalam mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

Maka dari itu, semua unsur untuk bersama-sama mendukung dan mensukseskan kegiatan ini.

“Kita semua berharap kegiatan ini dapat membantu pemerintah daerah dalam membangun sarana dan prasarana di wilayah pedesaan, sehingga memiliki arti dan manfaat yang benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Pada akhirnya infrastruktur yang dibangun mampu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam proses pendidikan serta meningkatnya percepatan dalam layanan kesehatan bagi masyarakat,” kata Andriansyah kepada Radar Sukabumi, Rabu (17/11).

Selain itu, sesuai amanat Presiden Republik Indonesia bahwa di periode 2019-2024 fokus pembangunan infrastruktur harus menghubungkan kawasan produksi dengan distribusi, yang dapat mempermudah akses ke kawasan wisata.

“Mendongkrak lapangan kerja baru dan mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat dan sebagai salah satu wujud nawacita Presiden Republik Indonesia yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”,” ucapnya.

Lanjut Andriyansyah, dengan semangat kebersamaan membangun daerah, maka diharapkan partisipasi, dan peran aktif serta koordinasi yang baik dari seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan bakti TNI ini.

“Berdasarkan kebutuhan, tuntutan dan tingkat kepentingannya, sehingga skala prioritas dalam pembangunan terealisasi dengan baik,” jelasnya.

DPMD Kabupaten Sukabumi
Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo saat menandatangani prasasti pembangunan fisik TMMD ke-110 di Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Dijelaskan Andriyansyah, kegiatan pembangunan yang dilaksanakan dalam program TMMD ke-110 Kodim 0607/Kota Sukabumi di Desa Sundawenang meliputi pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk pembangunan fisik antara lain rabat beton dengan volume 96,45 m3, pembangunan jembatan dengan volume panjang 13,4 m x lebar 4,5m dan pembangunan rutilahu sebanyak 20 unit dengan volume 5 meter x 6 meter.

“Adapun pembangunan non fisik yaitu penyuluhan KB dan kesehatan, penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan wawasan kebangsaan, dan bela negara.

Selain itu penyuluhan kamtibmas, penyuluhan tentang keagamaan, penyuluhan Covid-19, dan penyuluhan kegiatan penunjang kerja,” ungkapnya.

Semua itu, tambah dia diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerah. (ris/d)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *