DP3A Kabupaten Sukabumi Gelar Rakor Pengarusutamaan Gender

DP3A Kabupaten Sukabumi
DP3A Kabupaten Sukabumi Gelar Rakor Pengarusutamaan Gender 2022

SUKABUMI – Sekda Sukabumi Ade Suryaman menghadiri Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender ( PUG ) Kabupaten Sukabumi 2022 di Pendopo Sukabumi, Selasa (7/06/22).

Kadis DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki menyatakan tujuan rakor untuk membangun kesamaan persepsi dan mengoptimalkan pengambilan kebijakan mewujudkan kesetaraan gender, hal itu terkait upaya meraih Anugerah Parahita Ekapraya ( APE ) 2022.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan anak setiap dua tahun sekali memberikan penghargaan kepada kementerian, lembaga pemerintah , non kementerian, Pemerintah Provinsi, serta Kab/ Kota atas komitmennya dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, melalui strategi PUG, penghargaan disebut Anugrah Parahita Ekapraya.

“Hasil yang ingin dicapai dalam rakor ini untuk meningkatkan komitmen para pengambil kebijakan di Kabupaten Sukabumi dalam Strategi PUG terkait penghargaan APE 2022.

Sebelumnya, Kabupaten Sukabumi tahun 2016 s/d 2020 masuk kategori Madya dan tahun ini kita menginginkan masuk ke katagori utama karena itu dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari seluruh stekholder” jelas Kepala DP3A.

Sekda dalam arahanya menyebutkan bahwa Pengarusutamaan Gender ( PUG ) adalah strategi untuk mengintegrasikan perspektif berbasis gender dalam pengembangan institusi kebijakan dan program kerja termasuk didalamnya disain dan pelaksanaan perencanaan, penganggaran , monitoring dan evaluasi program kegiatan pembangunan .

” Strategi PUG dapat dilakukan melalui jalinan kerjasama dengan unsur penthahelix seperti Perguruan Tinggi, Dunia Usaha, Lembaga Masyarakat, Pemerintah, juga insan Media,” ungkapnya.

Rangkaian strategi tersebut, lanjut Sekda, disusun berdasarkan wawasan, Kesadaran Kritis, dan data yang diperoleh dari analisis gender.

” PUG juga menawarkan kerangka definisi dasar dan konsep konsep kunci mengusulkan prinsip prinsip aksi dan menguraikan garis tanggung jawab untuk mengarusutamakan gender didalam seluruh program kegiatan,” tambahnya.

Akhirnya Sekda berharap dengan Kerjasama dan Kolaborasi dari seluruh Stekholder terkait bisa meraih hasil yang baik dari Katagori Madya menjadi katagori Utama dalam Penilaian Anugrah Parahita Ekapraya. (*)

Sekda Sukabumi Ade Suryaman
Sekda Sukabumi Ade Suryaman menghadiri Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender ( PUG ) Kabupaten Sukabumi 2022 di Pendopo Sukabumi, Selasa (7/06/22).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan