2019 Gulirkan Program Peningkatan Pelayanan, Pemberdayaan, Pertanian, Perekonomian Masyarakat

Camat Palabuhanratu, Dodi Rukman Medianto, S.IP (tengah) meresmikan jembatan penghubung antara dua desa dan dua kecamatan

Sejumlah program dirancang Kecamatan Palabuhanratu pada 2019 dan 2020. Program tersebut terkait optimalisasi peningkaan pelayanan masyarakat, pengembangan kepariwisataan, pemberdayaan masyarakat, infrastruktur pembangunan ekonomi kemasyarakat, dan lain sebagainya.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Camat Palabuhrantu, Dodi Rukman Medianto, S.IP menyampaikan program-program yang akan direalisasikan dan dikembangkan pihak Kecamatan Palabuhanratu pada 2019. Menurutnya, program pertama, pembenahan kantor untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kecamatan Palabuhanratu.

“Kami mengusulkan agar kantor Kecamatan Palabuhanratu dipindah/direlokasi di dekat rumah dinas Pak Sekda yang jaraknya sekitar satu kilometer dari kantor kecamatan saat ini,”katanya.

Camat menerangkan ke depannya dirancang dan dibangun sekitar 20 sampai 30 ruangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti, imbuhnya, akan dibangun ruangan berkaitan tentang pertanian, KB, ruangan-ruangan yang membutuhkan sarjana pendamping, PKH, TKSK, MUI, Kepemudaan, Komite Olah Raga Indonesia (KOI), PKK, dan kesehatan. Kemudian, Ruang Forum Komunikasi BPD, Ruang Laktasi Ibu menyusui, dan lain sebagainya.

Semua itu untuk mengoptimaliasikan pelayanan terhadap masyarakat Kecamatan Palabuhanratu pada khususnya. “Semua pelayanan, kebutuhan, dan kegiatan masyarakat tertampung di sana,”tandasnya optimis.

Program yang kedua, untuk peningkatkan sektor pertanian dalam hal ini bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk memajukan komoditi durian yang kini sudah bergeliat dan banyak dibudidayakan warga tani di wilayah Palabuhanratu khususnya di Desa Cimanggu.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pak Bupati dan petani durian bahwa in syaa Allah pada Desember 2019 di Palabuhanratu akan diselenggarakan Festival Durian se-Kabupaten Sukabumi yang lokasinya direncanakan di Alun-alun Palabuhanratu,”katanya yang optimis ini salah satu pengembangan wisata lokal Palabuhanratu terutama peningkatan wisata kuliner dalam budidaya pertanian komoditi durian.

Program ketiga yang dirancang, juga masih berkaitan dengan pertanian. Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi untuk mengembangkan budidaya pertanian di Desa Cimanggu yang kini sudah ditanam di atas lahan lebih dari dua Ha.

Kemudian, dari program keempat tentang infrastruktur pihaknya mensupport Pemkab Sukabumi yang ingin mewujudkan jalan tembus Palabuhanratu-Cikakak sebagai jalur alternatif utnuk mengantisipasi kemacetan di musim liburan.

“Kelima, akan diadakan pelatihan-pelatihan seperti menjahit, pertanian, dan pemberdayaan masyarakat lainnya,”katanya optimis. Sedangkan program Kecamatan Palabuhanratu yang keenam menurut camat dari bidang perekonomian masyarakat.

Yakni, pengembangan Bumdes yang akan dijadikan wiralaba untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.” Sebagai percontohan 2019 Bumdes Cikadu dan Bumdes Jayanti yang bekerjasama dengan owner penambang batu dan PLTU,”katanya optimis dalam rangka meningkatkan potensi ekonomi masyarakat Palabuhanratu ke depannya. (*)

Indahnya Pantai Citepus Palabuhanratu yang Terus Ditata

Kecamatan Palabuhanratu memang kaya akan khasanah pariwisata alamnya yakni nuansa laut/pantai. Tersebutlah Pantai Citepus-Palabuhanratu yang menjadi primadonanya Kecamatan Palabuhanratu. Kecamatan yang tertinggi dalam perolehan Indeks Pembangunan Manusia inipun membawahi satu kelurahan dan sembilan desa.

Satu kelurahan itu, Kelurahan Palabuhanratu. Sedangkan sembilan desanya antara lain, Pasir Suren, Tonjong, Citarik, Jayanti, Citepus, Buniwangi, Cimanggu, Cibodas, dan Cikadu. Selain indah akan alam pantainya, potensi ikan tangkapan di Laut Palabuhanratu juga melimpah. Sebut saja jangilus, layur, tongkol, dan lain sebagainya.

Wisata Palabuhanraut juga sangat mempesona. Sehingga, tak sedikit masyarakat yang membuka gerai kuliner di sepanjang pantai. Menurut Camat Palabuhanratu, Dodi Rukman Medianto, S.IP Bupati Sukabumi, Marwan Hamami sangat konsern untuk terus menata pariwisata Palabuhanratu. Penataan tersebut antara lain Ruang Terbuka Hijau yang terus ditata untuk memanjakan para wisatawan baik lokal/domestik maupun mancanegara. (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *