Nelayan Cisolok Lepas Ribuan Indukan Lobster

Nelayan bersama petugas Dinas Kelautah dan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, saat melepasliarkan ribuan ekor indukan lobster di perairan Pantai Cikembang.

CISOLOK — Upaya untuk melestarikan ketersedian lobster, ratusan nelayan di Kecamatan Cisolok, melepasliarkan ribuan ekor indukan lobster di perairan Pantai Cikembang, Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok, Senin (24/8).

Kegiatan pelepasan indukan lobster ini, dihadiri Dinas Kelautan Kabupaten Sukabumi, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dan sejumlah aparat desa dan Kecamatan Cisolok.

Bacaan Lainnya

Staf Bidang Tangkap Dinas Kelautan Kabupaten Sukabumi, Santi mengatakan, dalam pelepasan ribuan indukan lobster ini, para nelayan telah berlarayar ke tengah laut hingga ke teluk Pantai Cikembang dengan menggunakan perahu jenis congkreng.

“Satu persatu indukan lobster dilepas dengan cara satu persatu lobster dimasukan ke dalam pipa paralon sepanjang empat meter dan berdiameter empat inci ,” kata Santi kepada Radar Sukabumi, Senin (24/8).

Menurutnya, pelepasan indukan lobster ini sengaja menggunkan pipa sebagai alat bantu agar posisi lobster berada di bawah permukaan air. Pasalnya, apabila saat lobster dipelaskan ke perairan Laut Selatan Sukabumi berada di atas permukaan air, maka terancam menjadi mangsa ikan-ikan predator yang berada di perairan laut tersebut.

“Maka, saat pelepasan ribuan indukan lobster ini, kita lakukan dengan ekstra hati-hati. Sementara, lobster yang kita lepaskan merupakan lobster jenis lobster pasir dan lobster mutiara,” timpalnya.

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Komisi II, Rendy Rakasiwi menjelaskan, pelepas liaran lobster di Kabupaten Sukabumi ini, merupakan salah satu bentuk upaya untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan potensi sumber daya lobster.

“Kita lakukan pelepas liaran indukan lobster ini, karena kita tidak hanya mengambil lobsternya saja, tapi kita juga harus jaga supaya benih-benih lobster tersebut selalu ada di wilayah perairan Laut Selatan Sukabumi,” jelasnya.

Untuk itu, dalam kegiatan tersebut ratusan nelayan telah melakukan pelepasan indukan lobster sebanyak 1.500 ekor. Hal ini dimasudkan untuk menjaga agar induk lobster tetap ada di wilayah laut Selatan Sukabumi. “Intinya kita bersama nelayan ingin melestarikan supaya lobster ini tetap ada,” pungkasnya.
(den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *