Musim Pancaroba, Petani Cabai di Sukaraja Keluhkan Serangan Hama

Petani-Cabai
Ketua Himpunan Petani Muda Sukabumi, Ikbal Habibi saat menyemprotkan cairan pestisida untuk membasi hama yang menyerang tanaman cabai

SUKABUMI – Sejumlah petani cabai di wilayah Kecamatan Sukaraja keluhkan serangan hama yang mengakibatkan hasil tanaman menjadi turun. Demi menghindari potensi gagal panen, merekapun segera melakukan penanggulangan dini.

Ketua Himpunan Petani Muda Sukabumi (HPMS), Ikbal Habibi kepada Radar Sukabumi mengatakan, saat musim pancaroba atau perpindahan musim kemarau ke musim hujan, mayoritas hama kerap menyerang hingga merusak daun tanaman cabai menjadi kuning.

Bacaan Lainnya

“Dalam satu tangkai kalau normalnya bisa menghasilkan 7 ons sampai 1 kilogram. Namun setelah terkena virus bisa di bawah 5 ons. Bahkan, bisa tidak di panen,” kata Ikbal kepada Radar Sukabumi pada Senin (04/10).

Serangan hama ini, lanjutnya, terjadi akibat dari berbagai faktor. Selain terjadinya akibat perubahan musim, hama itu juga terjadi karena bibit variates tanaman tidak unggul. Sehingga, saat terjadi perubahan musim, hama itu langsung menyerang pada bagian daun tanaman hingga berubah menjadi menguning.

“Tanaman cabai jika terserang hama, masih tetap bisa tumbuh. Namun, buah dari tanaman cabai tersebut tidak bisa di jual. Lantaran, buah cabainya tidak layak jual atau ukurannya kecil,” paparnya.

Pos terkait