Kukang Jawa Diselamatkan

CISAAT – Seekor Kukang Jawa berhasil diselamatkan Iyep Yosepa (39), warga Kampung Cicangkore, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak sekitar pukul 22.00 WIB, pada Kamis (19/10) lalu. Kini, hewan dengan nama latin javan slow loris nyctcebus javanicus itu berada di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi.

Ditemukannya hewan yang dilindung itu saat Iyep mengendarai motor, di jalan yang tak jauh dari rumahnya. Awalnya, Iyep mengira hewan langka itu seekor kucing yang biasa ditemuinya. Namun, setelah diperhatikan lebih dekat, dirinya merasa tidak mengenali jenis hewan itu dan langsung menghampirinya.

Bacaan Lainnya

“Kukang itu tersorot oleh lampu motor saya, setelah diperhatikan ternyata bukan kucing. Saya hampiri, hewan itu hanya diam. Hingga akhirnya saya tangkap dan bawa ke rumah,” ujar Iyep kepada Radar Sukabumi.

Setelah membawanya ke rumah, Iyep mengaku bingung jenis hewan apa yang berhasil dibawanya itu. Ia pun langsung memposting tangkapannya itu ke media sosial.

“Saya kebingungan, hewan apa ini dan harus diserahkan ke mana. Hingga akhirnya saya posting ke media sosial facebook dan banyak yang merespon serta memeberi arahan untuk diserahkan ke Markas PMI,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kabupaten sukabumi, Budiharto mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Nyalindung selama ini melakukan kampanye untuk penyelamatan satwa yang dilindungi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.