Kodim 0607 Ajak Warga Belajar Pemerintahan Desa

  • Whatsapp
PENYULUHAN: , Danramil 0712/Parungkuda, Kapten Inf Jupriyono bersama unsur terkait saat memberikan penyuluhan pemerintahan desa kepada perwakilan masyarakat di kantor Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, belum lama ini. IST

SUKABUMI– Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi sudah hampir rampung. Semua jenis kegiatan, dari mulai fisik dan non-fisik pun sudah dijalankan sesuai agenda yang dijadwalkan. Namun demikian, program TMMD ke-110 yang dikerjakan Kodim 0607/Kota Sukabumi masih menyisakan beberapa agenda, salah satunya kegiatan penyuluhan dan pendidikan pemerintah desa.

Pada kegiatan tersebut Kodim 0607/Kota Sukabumi menggandeng sejumlah instansi terkait diantaranya, Kasi Penataan Administrasi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Hodan Pirmansyah, Kades Sundawenang, Wahid, para perangkat Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda, serta masyarakat sekitar TMMD ke-110.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatannya, Hodan mengatakan, pemerintahan desa merupakan komponen atau bagian kecil dari jalannya roda pemerintahan. Di mana desa memiliki kewenangan diantaranya, kewenangan asal-usul, kewenangan lokal berskala desa, kewenangan yang ditugaskan oleh Pemerintah pusat, Pemerinta Provinsi, Pemerintah daerah Kabupaten/Kota.

“Selain itu, desa juga memiliki kewenangan mengelola anggaran diantaranya, PADes, APBN, Dana Desa, ADD, bagi hasil pajak retribusi daerah Kabupaten/Kota, Bantuan Keuangan Provinsi/Kabupaten/Kota, hibah/sumbangan tidak mengikat pihak ketiga, dan lain-lain pendapatan desa yang sah,” terang Hodam.

Selain itu, pemerintahan desa juga memiliki struktur pemerintahan yang hampir sama dengan pemerintahan daerah, seperti halnya memiliki lembaga yang resmi untuk pengawasan, diantaranya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang merupakan mitra pemerintah desa yang memiliki peranan strategis, di antaranya melakukan pengawasan pelaksanaan pemerintahan desa serta menampung aspirasi masyarakat desa terkait dengan pelayanan dan pelaksanaan pembangunan di desa.

Selain itu, ada pula Lembaga Kemasyarakatan, Lembaga Adat, kerja sama antar desa, dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Lembaga BUMDes ini memiliki peran dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa,” tambahnya.

Untuk itu, Hodan berharap, melalui kegiatan yang digagas Kodim 0607/Kota Sukabumi melalaui program TMMD ini, diharapkan mampu meningkatkan kemajuan di desa. Terlebih, adanya bantuan pembangunan fisik di pedesaan. (why)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *