Kemenparekraf Gelar Exhibition Ciletuh Geopark Run Series

  • Whatsapp

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan Exhibition Ciletuh Geopark Run Series di lima kawasan UNESCO Global Geopark (UGGp) di Indonesia. Diantaranya, Rinjadi, Batur, Gunung Sewu, Ciletuh Palabuhanratu dan Toba Caldera. Ini dimaksudkan untuk mempromosikan pesona dan keindahan alam objek wisata Geopark Ciletuh lebih luas lagi.

Ketua Bidang Humas dan Kerjasama BP Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp), Yudi Panca Yoga mengatakan, Exhibition Run akan dilakukan pada Jumat 20 November sampai Sabtu 21 November 2020.

Bacaan Lainnya

“Pada Ekhibition Run ini, akan diikuti oleh delapan sampai 10 influencer runners dan 30 orang komunitas,” kata Yudi kepada Radar Sukabumi, Jumat (20/11).

Para pelari ini, sambung Yudi, akan tiba Palabuhanratu diterima di Geopark Information Center dan lanjut ke Kampung Adat Sinaresmi, setelah solat Jumat. Setelah itu, pada Sabtu (21/11) sekira pukul 06.00 WIB, mereka akan mulai berlari dengan star dari Pendopo Sukabumi Palabuhanrat dan diharapkan finish di Curi Sorong pukul 17.00 WIB.

“Mereka akan melintasi beberapa lokasi Geosite Ciletuh bersama running influencer Ciletuh dan komunitas lokal,” imbuhnya.

Sementara, untuk rutenya star dari Gedung Pendopo Sukabumi Palabuhabratu – Jalan Pita – Goa Lalay – Rawa Kalong, Jembatan Cimandiri – Jalan Geopark Palabuhanratu – Wihara Kwan Im – Puncak Gebang – Puncak Dharma – Curug Cimarinjung dan finish di Curug Sodong dengan rute sekitar 50 kilometer.

“Diantara 10 pelari ini, mereka ada juara Lombok Ultra Maraton dua tahun berturut-turut. Ini hanya Ekshibisi untuk pembuatan video riil. Tapi ada beberapa pelari lokal yang mendampingi di tiap 10 kilometer. Kan jarak yang ditempuh sekitar 60 kilometer ke kontur menanjak dan turunan,” imbuhnya.

Untuk itu, dalam Exhibition Run ini akan diibuatkan video sebagai langkah awal promosi ke mancanegara dengan melibatkan 10 pelari ultra marathon yang sudah terlatih berlari berpuluh-puluh jam.

“Exhibition Ciletuh Geopark Run ini, dimaksudkan untuk mengeksplorasi dan menunjukan keindahan geopark Ciletuh secara luas dan meyeluruh kepada runner melalui konten yang dibuat influencer runners dan lokal running komunitas. Selain itu, juga untuk memperkenalkan beberapa keindahan kawasan rute geopark run yang akan dipergunakan saat perlombaan dan endokumentasikan aktivitas lari di beberapa kawasan geopark,” tandasnya.

Pihaknya menambahkan, selain mempromosikan Ciletuh Palabuhanratu UGGp, diharapkan pelaksanaan Geopark Run Series khususnya di Palabuhanratu pada Juli 2021 bakal sukses dengan kehadiran pelari-pelari ultra marathon tingkat nasional dan mancanegara.

“Kemenpatkeraf itu promosi dan pra eceng 2021 Geopark Run Series. Rencana untuk CPUGGp pada Juli 2021 nanti, akan melibatkan ratusan pelari nasional dan internasional. Makanya Sabtu besok dibuat video itu promosi,” pungkasnya. (Den/rs)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *