Kemendes RI akan Kunjungi Wisata Karangpara

  • Whatsapp
Wisata Karangpara
Kawasan wisata alam Karangpara yang memiliki daya tarik khas pegunungan.

SUKABUMI – Keindahan panorama alam yang disuguhkan oleh kawasan objek wisata alam Karangpara menyita perhatian serius dari semua kalangan.

Wisata batu karang yang berada di bukit Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh itu, dalam waktu dekat ini akan dikunjungi oleh Kementerian Desa (Kemendes) RI ke lokasi destinasi wisata tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Kebonmanggu, Rasnita Diharja kepada Radar Sukabumi mengatakan, kawasan wisata alam yang memiliki luas lahan sekitar 10 hektare lebih ini, direncakan akan dikunjungi Kementrian Desa RI.

“Alhamdulillah pada 12 Oktober sampai 17 Oktober di Desa Kebonmanggu akan kedatangan Kemendes dari Loka Karya Desa Wisata yang melibatkan tiga desa dari tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Yakni, Desa Kebonmanggu wisata Karangpara, Desa Cisande dan Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja,” kata Rasnita kepada Radar Sukabumi pada Minggu (10/10).

Nantinya dalam kunjungan tersebut, sambung Rasnita, Kemendes RI direncanakan akan melakukan loka karya penyuluhan tentang desa wisata di Desa Kebonmanggu. “Untuk pesertanya sendiri nanti ada sekitar 30 orang pengelola wisata dan melibatkan dari pengusha, BPD dan Pordarwis,” paparnya.

Pihaknya berharap seluruh pengelola wisata dapat menambah wawasannya dalam mengelola dan mengembangkan kawasan wisata. “Tentunya, loka karya itu sangat penting dilakukan agar para pengelola lebih pandai dan berkompetensi dalam mengembangkan wisata,” tandasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selama pandemi Covid-19, tepatnya pada akhir Agustus 2021 kawasan wisata alam Karangpara telah vacum karena ditutup. Namun, saat inj setelah dinyatakan statusnya pada PPKM Level 2 dan sekarang naik kembali menjadi PPKM Level 3, para pengunjung masih ada dan di kelola oleh para pengelola wisata.

“Ahamdulillah sudah diserbu masyarakat. Terutama pada hari weekend seperti Sabtu dan Minggu bisa mencapai 500 sampai 1000 pengunjung. Sekarang peningkatan ekonomi sudah mulai kelihatan bergeliat dan bangkit kembali. Mudah-mudahan kedepannya bisa terus maju dan berkembang baik,” pungkasnya. (Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *