Kader PKK Desa Kebonpedes Sukabumi Belajar Membatik ke Bandung

PKK Desa Kebonpedes Membatik
Puluhan Kader PKK Desa Kebonpedes saat praktek membatik ke Imah Batik Bandung, tepatnya di Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

SUKABUMI – Dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi warga, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Kebonpedes bersama anggota PKK Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, melakukan praktek ke Imah Batik Bandung (IBB), tepatnya di Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Ini sengaja dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kader PKK dalam mengembangkan unit usaha batik tulis.

Ketua TP PKK Desa Kebonpedes, Nia Kurniasih kepada Radar Sukabumi mengatakan, pelatihan membatik tersebut, diikuti sekitar 38 anggota Kader PKK Desa Kebonpedes dan Kader PKK Kecamatan Kebonpedes. Hal ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang tata cara proses dan teknis membatik yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

“Tujuannya ini, tidak lain untuk menciptakan kreatifitas dan inovasi dari ibu PKK Desa Kebonpedes untuk mendongrak pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Nia Kurniasih kepada Radar Sukabumi pada Rabu (29/06).

Praktek membuat kerajinan membatik ini, sambung Nia, sangat penting dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kreativitas kader PKK Desa Kebonpedes kearah yang lebih baik. Sebab, dengan praktek membatik ke IBB ini, maka mereka bisa mengetahui secara langsung proses dari awal hingga akhir cara membuat batik.

“Praktek ini, sangat penting dan diharapkan dapat menjadi daya tarik serta minat warga Desa Kebonpedes dalam membuat baju batik. Selain itu, batik ini juga merupakan salah satu budaya tradisional,” timpalnya.

Untuk itu, dalam kegiatan ini para Kader PKK Desa Kebonpedes telah diajarkan untuk mempraktekkan membatik. Mulai dari batik tulis, batik cap hingga batik modern. Kegiatan ini, bertujuan untuk memberikan wawasan dan semangat dalam mengembangkan batik, khususnya dalam desain batik. Disamping itu para Kader PKK juga diajak melihat secara dekat proses pengembangan batik yang ada di IBB itu.

“Pelatihan ini, untuk memeberikan edukasi terhadap Kader PKK Desa Kebonpedes khususnya agar termotivasi dalam mengembangkan kebudayaan membatik yang merupakan salah satu budaya tradisional atau warisan budaya yang harus dilestarikan,” bebernya.

Pihaknya berharap setelah diselenggaraknnya praktek membatik ke Imah Batik Bandung ini, dapat menambah wawasan kepada para Kader PKK Desa Kebonpedes. Sehingga, masyarakat Desa Kebonpedes bisa lebih meningkatkan pendapatan keluarganya. Bukan hanya itu, kedepannya diharapkan mereka dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dari IBB itu, untuk dikembangkan kembali di Desa Kebonpedes.

Untuk itu, mereka langsung belajar praktek di IBB. Seperti membuat batik di kain menggunakan canting dan lilin dan belajar melorot serta mencelup batik. “Harapan terbesar kita, kedepannya lebih berkembang lagi dan bisa memiliki gerai batik yang merupakan ciri khas Desa Kebonpedes,” pungkasnya. (Den)

Kader PKK Desa Kebonpedes
Puluhan Kader PKK Desa Kebonpedes saat praktek membatik ke Imah Batik Bandung, tepatnya di Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Pos terkait