Kabupaten Sukabumi Utara Demi Kesejahteraan Warga Sukabumi

  • Whatsapp

SUKABUMI – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum adalah salah satu orang yang berbahagia atas progres positif pemekaran Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kabupaten Sukabumi Utara. Seperti diketahui bahwa Pemerintah Provinsi Jabar bersama DPRD Provinsi Jabar telah mengajukan tiga CDOB ke Kementerian Dalam Negeri untuk kemudian dimekarkan menjadi daerah baru definitif.

“Di Jawa Barat itu, ada tiga daerah yang sudah kita usulkan kepada pemerintah pusat. Yaitu, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan dan Kabupaten Bogor Barat. Semua persyaratan dan dokumen serta administrasinya sudah kita berikan kepada pemerintah pusat,” kata Uu kepada Radar Sukabumi, Minggu (13/12).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, tiga daerah tersebut sudah diputsukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat dan Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat untuk menjadi daerah otonomi baru. Ini dilakukan merupakan salah satu janji pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mensejahtrakan masyarakatnya.

“Dari 50 juta penduduk di Jawa Barat, minimal itu harus ada 40 DOB. Sementara sekarang baru ada 27 DOB. Jadi kami berusaha untuk menjadikan Jawa Barat 40 pemerintahan kota dan kabupaten dengan ditambah DOB yang baru ini,” ujarnya.

Kabupaten Sukabumi Utara ini, kata Uu lagi, perlu diwujudkan sebagai daerah otonomi baru. Karena, menurutnya daerah Provinsi Jawa Barat itu, berbeda dengan daerah lainnya. Seperti banyaknya jumlah penduduk, tetapi terkadang anggaran dari APBD-nya kecil. “Iya, pernah dihitung anggaaran dalam satu tahun, jika dibandingkan dengan provinsi lain bedanya hampir Rp10 triliun. Padahal jumlah masyarakat kita hampir 20 persen dari jumlah penduduk masyarakat Indonesia,’ paparnya.

Pihaknya menambahkan, eskpor dan ekonomi Jawa Barat lebih hebat. Namun, anggaran dari pemerintah pusat minim. Maka dari itu, Gubernur Jawa Barat tengah berusaha maksimal untuk DOB. Karena hal ini menjadi salah satu solusi untuk menjadikan masyarakat sejahtera.

“Selain itu, DOB ini juga sebagai salah satu janji kami. Karena dengan adanya DOB maka pelayanan pemerintah akan semakin dekat dengan masyarakat dan semakin sempurna serta semakin prima. Nah, kalau sekarang pelayanan warga menuju ibu kota Kabupaten Sukabumi kan sangat jauh,” pungkasnya. (den/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *