Irigasi di Curugkembar Sukabumi Retak, Ratusan Jiwa Terancam Sulit Air

Irigasi Desa Tanjungsari

CURUGKEMBAR – Lima unit rumah warga di Kampung Tanjungsari RT 01, R 04, Desa Tanjungsari, Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi, alami rusak sedang terdampak saluran air hancur.

Manajer Pusat Pengendalian dan Operasi pada Badan Penanggulangan Bencana Daetah Kabupaten Sukabumi Entis Daeng Sutisna mengatakan peristiwa hancurnya irigasi atau saluran air dampak dari hujan deras yang terjadi Rabu, (6/12) sekitar pukul 05.30 Wib.

Bacaan Lainnya

Entis Daeng Sutisna menegaskan, saluran air atau irigasi Cibeber yang berlokasi di kampung Tanjung Sari tersebut yang berfungsi untuk mengairi sawah mengalami rusak hingga tidak bisa dialiri air karena di salah satu titiknya tergerus derasnya air saat terjadi hujan deras.

“Jadi air masuk terbawa kedalam retakan tanah dan berdampak terhadap rumah warga 5 unit rusak sedang dengan dihuni sekitar 13 jiwa,” ujar Entis Daeng Sutisna. Rabu, (6/12).

Entis Daeng Sutisna menegaskan, sedangkan air dari irigasi tersebut sejuah ini memang sangat butuhkan warga untuk dua desa, yakni desa Tanjungsari dan desa Mekartanjung.

“Jadi air saluran irigasi ini untuk pengairan sawah dan juga kebutuhan rumah rumah,” imbuhnya.

Dampak dari saluran air rusak dan tidak berfungsi, kata Entis Daeng Sutisna tidak hanya 5 unit rumah yang mengalami rusak sedang juga berdampak terhadap sekitar 37 rumah warga lainnya yakni sulit mendapatkan kebutuhan air untuk rumah tangga.

Sementara, lanjut Entis Daeng Sutisna dari 37 rumah ini sebanyak 135 jiwa kesulitan air untuk mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya sehingga dibutuhkan upaya penanganan secepatnya untuk perbaikan saluran irigasi tersebut.

“Berawal saat terjadi hujan deras tiba tiba warga mendengar suara retakan di bawah rumah, ternyata alami rusak sedang, terus warga melapor ke RT dan RW setempat,” ucapnya.

“Warga berharap, kerusakan terhadap irigasi di Cibeber mohon segera ada pembangunan secepatna, tadi warga juga dihimbau untuk tetap waspada dan berhati hati,” tandasnya. (Ndi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *