Irigasi di Citarik Palabuhanratu Jebol, 15 Hektar Sawah Teracam Gagal Panen

Irigasi palabuhanratu Jebol
RUSAK BERAT : Kondisi Irigasi di Kampung Cileungsi, Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi rusak. Senin, (12/9).(Foto : ist)

SUKABUMI —  Akibat diterjang derasnya aliran sungai Cimandiri, saluran irigasi di Kampung Cilengsi, Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat rusak

Berdasarkan informasi didapat, rusaknya saluran irigasi terjadi Senin, (12/9) sekitar pukul 02.00 Wib akibat diterjang banjir bandang sungai Cimandiri disertai hujan deras.

Bacaan Lainnya

Satgas BPBD Kabupaten Sukabumi, Kuswan Hermawan mengatakan, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa rusaknya saluran irigasi setinggi 2 meter dengan panjang 15 meter tersebut.

Hanya saja, kata Kuswan akibat irigasi rusak mengancam seluas kurang lebih 15 Hektar sawah yang berada di dua dusun Citarik, Desa Citarik tidak bisa teraliri air.

“Irigasi ini selain mengairi 15 hektare sawah di Kampung Tonjong, juga untuk kolam dan juga ke rumah warga untuk kebutuhan sehari-hari seperti untuk mencuci,” ungkap Kuswan.

“Itu ada dua kedusunan, kurang lebih kalau dilihat dari KK 500 KK ada di Desa Tonjong, ada juga di Desa Citarik,” sambungnya.

Dijelaskan Kuswan Hermawan, irigasi rusak berdasarkan pantauan dilapangan sudah beberapa kali, dan upaya perbaikan dengan menggunakan Bronjong.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.