HUT Kolatmar ke-45, Puslatpurmar 6 Antralina Tanam 10 Ribu Pohon

Puslatpurmar 6 Antralina Tanam
Komandan Puslatpurmar 6 Antralina, Letkol Marinir Ombun Tarera Sipahutar, bersama jajarannya saat menanam pohon pada HUT ke-45 Kolatmar, dilingkungan Re sort PTN Balai Besar TNGGP Cimungkad, Kecamatan Kadudampit, Jumat (21/01).

KADUDAMPIT – Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir 6 Antralina melakukan kegiatan menanam 1.000 pohon dalam rangka menyambut HUT ke-45 Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) di lingkungan Resort PTN Balai Besar TNGGP Cimungkad, Kecamatan Kadudampit, Jumat (21/01).

Sebelumnya, aksi peduli lingkungan tersebut juga telah dilaksanakan di dua titik lokasi, yaitu di lingkungan Resort PTN Balai Besar TNGGP Pondok Halimun Selabintana, Kecamatan Sukabumi dan lingkungan Resort PTN Balai Besar TNGGP Pasir Hantap Ciambar.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Komandan Puslatpurmar 6 Antralina, Letkol Marinir Ombun Tarera Sipahutar mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan dalam mendukung gerakan menanam 10 Ribu pohon Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) bersama 10 satuan pelaksana (Satlak) jajaran Kolatmar yang dilaksanakan secara serentak di berbagai wilayah mulai dari Banyuwangi Jawa Timur sampai Dabo Singkep Kepulauan Riau.

“Jadi ini diwajibkan di masing-masing Satlak menanam sebanyak 1000 pohon,” kata Letkol Ombun kepada Radar Sukabumi, Jumat (21/01).

“Melalui kegiatan ini juga dapat sekaligus lebih mengenalkan kepada masyarakat dengan adanya tempat penangkaran habitat elang Jawa. Dimana tempat ini merupakan tempat penangkaran pelestrian fauna jenis elang Jawa yang pertama ditemukan di wilayah Jawa Barat,” sambung Ombun.

Ombun juga mengatakan, Marinir dan TNNGP memiliki riwayat yang baik. Sehingga dalam kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat Sukabumi khususnya di wilayah Kecamatan Kadudampit agar lebih dekat untuk mengenal Marinir. Terlebih lagi, Marinir yang ada di Sukabumi adalah satu-satunya di Jawa Barat.

“Walaupun Marinir kecil, tapi kami siap memberikan kontribusi untuk Kota dan Kabupaten Sukabumi. Berharap kedepannya masyarakat dapat mengenal Marinir, karena Marinir hadir untuk masyarakat,” tegasnya.

Di tempat yang berbeda, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir I Made Sukada mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan sesuai dengan instruksi KASAL dan Komandan Korps Marinir, tentang pelarangan penebangan pohon di seluruh Kesatrian jajaran TNI AL, sekaligus mendukung program pemerintah dalam rangka melindungi dan melestarikan alam.

“Dimanapun Marinir berlatih, lingkungan alamnya harus tetap terjaga. Satu pohon mati akibat alam atau ulah manusia maka harus diganti, karena satu pohon akan menjadi habitat ratusan makhluk hidup.

Mari kita rawat dan jaga alam semesta ini bersama-sama semoga menjadikan sedekah amal jariyah yang pahalanya tidak terputus,” pungkasnya. (Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.