Dana Kota Sukabumi Transfer Dari  Pusat Belum Jelas

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat menjelaskan R-APBD 2022 di Ruang Paripurna DPRD Kota Sukabumi.

CIKOLE– Dana transfer daerah yang dialokasikan untuk Kota Sukabumi mengalami penyusutan yang signifikan. Dengan Begitu Pemerintah Kota Sukabumi pun dituntut untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

WaliKota Sukabumi, Achmad Fahmi menyebutkan, di tahun ini jumlah dana transfer darah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ke Kota Sukabumi hanya sebesar Rp9 miliar.

Bacaan Lainnya

Jumlah tersebut mengalami oenurunan yang sangat besar dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp80 miliar. “Yah berkurang cukup besar dari Rp80 miliar menjadi Rp9 miliar.

Ini baru asumsi, mudah-mudahan ada penambahan lagi,”ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Fahmi melanjutkan, untuk dana transfer daerah dari pemerintah pusat hingga saat ini dirinya belum menerima kejelasan secara pasti berapa anggaran yang dialokasikan untuk Kota Sukabumi.

“Dari pusat belum ada kejelasan, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita sudah mendapat kepastian,”katanya.

Fahmi menuturkan, dengan adanya pengurangan yang besar dari dana transfer daerah, maka Pemkot Sukabumi pun akan melalukan sejumlah upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita telah menekankan kepada DPKAD untuk mengoptimalkan PAD kita,”tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, menyarankan agar Pemkot Sukabumi dapat melakukan pendekatan secara politis juga diplomat kepada pemerintah pusat.

“Anggaran dana transfer daerah tahun ini berkurang signifikan, maka diperlukan adanya pendekatan dari Pemkot Sukabumi ke pemerintah pusat terkait dana transfer daerah ini,”ujarnya.

Di luar itu, Yunus meyakini jika Pemkot Sukabumi dapat mendorong kepada instansi terkait khususnya, dinas-dinas penghasil untuk lebih menggenjot PAD.

“Insya Allah Pak Wali beserta jajaran dapat mendorong dinas terkait untuk menggenjot PAD,”pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.