Desa Waluran Sukabumi Mandiri Masuk 50 ADWI

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantr
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat menghadiri bimtek 50 desa wisata ADWI Tahun 2022 secara virtual.

SUKABUMI – Desa Waluran Mandiri dengan Wisata Hanjeli diikutsertakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam ajang penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Kabar baiknya, Desa Waluran Mandiri masuk ke dalam 50 besar dari 3.419 desa yang mengikuti penilaian tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kita berharap ketujuh indikator yang akan dinilai oleh Kemenparekraf dapat dipenuhi oleh Kabupaten Sukabumi,” kata Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri usai bimbingan teknis 50 Desa Wisata ADWI 2022 yang diselenggarakan oleh Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf secara virtual di Gedung Pendopo Sukabumi, Kamis (28/4).

Wabup mengatakan, ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf yang bertujuan untuk menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

ADWI tahun 2022 sendiri mengusung tema “Indonesia bangkit” sebagai semangat mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid-19.

Katagori penilaian tersebut adalah Daya Tarik Wisata Pengunjung (Alam, Budaya, Buatan) , Homestay , Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Digital dan Kreatif, Toilet Umum, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), Kelembagaan Desa Wisata.

Pada tahun ini, sebanyak 3.419 desa dari 34 provinsi terdaftar dalam perhelatan ADWI 2022 akan melewati seleksi Penetapan dari 3.419 menjadi 500 besar, lalu 300 besar, 100 besar dan 50 terbaik. (izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar