Dansatgas Hanpangan TNI AD Tinjau Pipanisasi dan Tandon Air di Simpenan Sukabumi

Dansatgashan Pangan TNI AD
Dansatgashan Pangan TNI AD Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani saat meninjau tandon air dan pipanisasi di kampung Mariuk, Desa Cidadap

SIMPENAN – Adanya bantuan peralatan pertanian pompa air dan traktor dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui kementrian pertanian kepada para kelompok tani di Kabupaten Sukabumi.

Dansatgashan pangan (Komandan Satuan Tugas Ketahanan Pangan) TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat) Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani harapkan para petani menjadi semangat dalam meningkatkan hasil pertanian menjelang musim panas atau kemarau.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani sesaat mengunjungi tandon air di kampung mariuk, desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, merupakan hasil kerjasama antara TNI Kodim 0622 kabupaten Sukabumi melalui CSR PLTU Jabar 2 Palabuhanratu.

“Dengan keadaan saat ini mungkin sudah menjelang musim panas, bahwa bulan 6, bulan 7 dan bulan 8 nanti, kaitan dengan musim panas ini juga ada informasi dari BMKG bahwa akan adanya Elnino, ini kita perlu antisipasi bersama,” ungkap Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani sesaat diwawancara. Kamis, (30/5).

“Ini merupakan lecutan untuk kita lebih semangat lagi mengatur air, sehingga masyarakat petani bisa bercocok tanam dengan maksimal dmenggunakan bantuan pompa yang diberikan bapak Presiden melalui pak Menteri Pertanian,” imbuhnya.

Dijelaskan Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, berdasarkan hasil pengamatan dari kunjungan yang dilakukan selama dua hari yakni Rabu, dan Kamis di beberapa lokasi pertanian, kabupaten Sukabumi merupakan salah satu wilayah yang benar benar memiliki potensi dengan prospek luar biasa.

“Dari tim Satgas Pangan AD, melaksanakan kunjungan selama dua hari di wilayah Kabupaten Sukabumi, khusus di Desa Cidadap, alhamdulillah kami ambil salah satu sampel ini informasinya yang kami dapat panennya rata-rata 8 – 9 ton, ini di atas rata-rata standar nasional yang hanya 7 ton, ini menunjukkan prospek yang luar biasa,” jelasnya.

Mayjen TNI Ahmad Rizal RamdhaniMenurut Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani jika potensi yang luar biasa tersebut terus tidak didorong dengan maksimal para petani akan mengalami kerugian, sehingga dengan adanya program dari presiden, menteri pertanian, panglima TNI, Kasad yakni pompanisasi yang dilaksanakan seluruh jajaran kodim diseluruh wilayah di Indonesia termasuk kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah saat ini ada program bantuan pompa air dan traktor ini untuk menaikan indeks tanam yang tadinya hanya 2 kali atau 1 kali tanam, bisa menjadi 3 kali tanam dan panen,” terangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *