CV LUJ Tak Berizin

  • Whatsapp
FOTO : DENDI/RADAR SUKABUMI SIDAK : Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi bersama Muspika Cikembar, saat memeriksa dokumen perizinan CV. Lestari Unggas Jaya.

RADARSUKABUMI.com – CIKEMBAR – Aktivitas CV Lestari Unggas Jaya (LUJ) di Kedusunan Mekarsari dan Kedusanan Cijolang, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar yang diduga sudah mencemari lingkungan, akhirnya ditinjau Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Cikembar, kemarin (28/12).

Peninjauan dari dua instansi pemerintah ini merupakan tindak lanjut atas adanya laporan masyarakat yang menyoal aktivitas perusahaan karena limbahnya telah mencemari lingkungan warga sekitar. Seperti menimbulkan bau menyengat dan banyaknya lalat yang menyerang ke pemukiman warga.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Iwan Karmawan mengatakan, peninjauan langsung ke CV LUJ ini merupakan tindak lanjut dari Sidak pada Maret lalu. Saat itu, Disnak didampingi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi menemukan 15 pelanggaran estetika lingkungan yang dilakukan CV LUJ.

Diantaranya dalam melakukan aktivitas, perusahaan belum mengangtongi izin lingkungan, ditemukan kotoran yang menumpuk dengan populasi ayam petelor dengan jumlah 126.000 ekor dari 21 kandang, tidak adanya penanganan air limbah bekas cucian kandang, tidak ada pengolahan limbah jenis Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang dihasilkan dari kegiatan bekas vaksin, drainase air hujan menyatu dengan kotoran ayam, pengelolaan bangkai ayam belum sesuai dengan aturan pengelolaan peternakan dan banyaknya warga yang terkena dampak seperti bau menyengat dan bertebaran lalat ke pemukiman penduduk di Kedusunan Mekarsari dan lainnya.

“Jadi, peninjauan ini untuk mengetahui sampai sejauh mana pihak perusahaan beritikad baik melakukan perbaikan dalam aktivitasnya,” kata Iwan kepada Radar Sukabumi, kemarin (28/12).

Saat pihaknya melakukan peninjauan ke lokasi perusahaan, sambung Iwan, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi banyak melihat perkembangan positif soal estetika pengelolaan limbah. “Semua yang diprotes warga mengenai pencemaran limbah dan sebagainya sudah ditanggulangi pihak perusahaan. Namun hanya satu persoalan yang saat ini belum juga diselesaikan ialah soal penertiban administrasi. Hingga saat ini CV LUJ belum terdaftar di Disnak Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *