Bupati Sukabumi Fokus ke Tempat Ibadah hingga Pusat Perbelanjaan

Bupati Sukabumi Marwan Hamami
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 di halaman Mapolres Sukabumi.

PALABUHANRATU – Menjelang lebaran hari raya Idulfitri 1443 Hijriyah 2022 Masehi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 di halaman Mapolres Sukabumi, Jumat (22/4).

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Dalam kesempatan tersebut, Marwan menyampaikan, petugas gabungan TNI dan Polri, beserta Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Operasi Ketupat Lodaya 2022 mulai 28 April hingga 9 Mesi 2022.

Bacaan Lainnya

“Beberapa tempat yang menjadi fokus pengamanan yaitu tempat beribadah, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara,” ujar Marwan, Jumat (22/4).

Marwan menegaskan, berbagai permasalahan menjelang dan pasca lebaran Idulfitri 2022 harus diantisipasi oleh seluruh stakholder terkait. Tentunya dengan bersama-sama bersinergi agar umat muslim dapat menjalankan ibadah Ramadan dengan khusyuk dan puncaknya pada saat perayaan Idulfitri masyarakat yang menjalankan mudik berjalan dengan lancar dan aman.

“Dalam kebijakan pemerintah telah diatur secara khusus ketentuan pelaksanaan kegiatan masyarakat dan perjalanan masa pandemi, sesuai level asesmen di wilayahnya masing-masing,” paparnya.

Menurut Marwan, kelonggaran-kelonggaran yang diberikan pemerintah agar masyarakat dapat merayakan Idulfitri bersama keluarga, harus disikapi dengan tetap menjaga prokes agar Covid-19 tidak mengalami peningkatan.

Selain itu, strategi penguatan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 menjelang, pada saat, dan sesudah Idulfitri harus dapat dilaksanakan dengan baik.

“Mulai dari memberikan imbauan prokes terhadap masyarakat, mendorong tempat wisata untuk memastikan aplikasi peduli lindungi. Jika terdapat pengunjung yang belum divaksin langsung diarahkan ke gerai terdekat serta mengawasi secara sepenuh persyaratan perjalanan mudik. Harapannya, petugas gabungan dapat melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, serta memberikan pelayanan terbaik dimanapun dan kapanpun,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra menambahkan, Kabupaten Sukabumi saat ini sudah level 1, sehingga diprediksi arus mudik dan wisatawan yang hendak berkunjung ke Sukabumi akan membludak.

“Hal ini tentu harus bersikeras bekerjasama semua instansi dalam mensukseskan Operasi Lodaya 2022 ini. Terutama jajaran lantas harus berjibaku mengamankan jalur-jalur masuk menuju Kabupaten Sukabumi, terutama jalur objek wisata, mulai dari Cicurug – Cibadak dan Cikembang – Cisolok,” singkatnya. (ris/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.