Polres Sukabumi Siapkan Strategi Amankan Pilkades

Personel Polres Sukabumi
SIAP SIAGA: Personel Polres Sukabumi melakukan latihan jelang Pemilihan Kepala Desa 2022, Rabu (20/4).

PALABUHANRATU – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022 di Kabupaten Sukabumi pada Mei mendatang, Polres Sukabumi melatih ratusan personelnya terutama Samapta dalam materi pengendalian massa.

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra melalui Kasat Samapta Polres Sukabumi AKP Roni Haryanto mengatakan, banyak agenda nasional dan daerah termasuk pelaksanaan Pilkades serentak.

Bacaan Lainnya

“Tentunya membutuhkan kesiapan personel Polres Sukabumi yang mengemban tugas untuk mengamankan perhelatan pesta demokrasi lokal tersebut. Maka dari itu, sebagai bentuk persiapan hadapi Pilkades kami melatih ratusan personel terutama dari Samapta,” ujar Roni kepada Radar Sukabumi.

Dia menegaskan, pihaknya secara rutin melatih personel bagaimana pengendalian massa, baik secara teori maupun praktek. “Dalam latihan itu dipraktekan bagaimana tahapan dalam pengendalian massa, sesuai aturan yang diatur dalam peraturan Kapolri,” paparnya.

Menurut Roni, tahapan-tahapan tersebut harus dipahami dan bisa dilaksanakan secara benar oleh anggota, manakala harus berhadapan dengan massa agar bisa dikendalikan dengan aman. Pelatihan dipimpin Kanit Turjawali Aipda Yudi dengan melibatkan anggota Dalmas Polres Sukabumi.

Dalam latihan tersebut, tambah Roni personel juga dilatih berbagai formasi dalam pengendalian massa. “Latihan ini sangat berguna ketika mendapat tugas mengamankan unjuk rasa. Diharapkan dengan latihan ini anggota paham akan tugasnya di lapangan sehingga tidak melanggar aturan,” ungkapnya.

Kabag Ops Polres Sukabumi Kompol Suwardi menambahkan, bahwa dirinya memastikan semua personel dari Polres Sukabumi maupun gabungan 100 persen siap dalam pengamanan perhelatan Pilkades serentak 2022 di Kabupaten Sukabumi.

“Sebanyak 285 personel disiapkan dalam pengaman Pilkades 2022 dan kami berkomitmen menciptakan suasana yang aman, damai, dan kondusif dalam perhelatannya nanti. Selain itu kami berharap pelaksaan pilkada dapat menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi August Taufik menjelaskan, sebanyak 70 desa di 30 kecamatan yang melaksanakan Pilkades sudah melaksanakan penetapan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa, Rabu (20/4). Kemudian dilanjutkan pengundian nomor urut calon dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

“Selanjutnya tahapan yang akan dilakukan mulai tanggal 21 sampai 25 April 2022, yaitu pembekalan yang diberikan kepada panitian, terutama para calon, dan saksi dari masing masing calon,” ujar August kepada Radar Sukabumi.

Pembekalan dilaksanakan oleh panitian tingkat kabupaten yang ada di kecamatan untuk mempersiapkan pada hari H pelaksaaan 8 Mei 2022 nanti. Kemudian pada 26, 27 dan 28 April 2022 mulai memasuki tahapan kampanye dan pengaturan kampanye dilaksanakan oleh panitia tingkat desa, dengan penugasan dari panitia pengawas.

“Tahapan kampanye selesai, kemudian ada jeda waktu libur hari raya Idulfitri dari 30 April sampai 4 Mei dan masa tenang tanggal 5,6, dan 7. Secara prinsip tidak lagi ada masa kampanye, karena sudah selesai, tetapi kalau silaturahmi lebaran kita serahkan kepada panitia,” ungkapnya.

Adapun pelaksanaan pencoblosan di masa pandemi Covid-19 disesuaikan dengan aturan yang baru, yakni berdasarkan TPS. “Jadi jumlah per TPS itu 500 orang pemilih. Dari 70 desa, 30 kecamatan yang melaksanakan pilkades kita punya 692 TPS,” jelasnya.

Dia mengimbau dan mengajak terutama kepada masyarakat yang akan melaksanakan Pilkades serentak 2022 agar ikut serta mensukseskan perhelatan 5 tahunan ini. Selain itu dapat menggunakan hak pilihnya memilih kepala desa untuk melanjutkan proses pembangunan di setiap desanya.

“Mudah – mudahan pelaksanaan Pilkades tanggal 8 Mei 2022 mendatang, Pilkades tanpa ekses, bisa sukses, bisa menghasilkan para kades yang kualitasnya lebih baik serta dapat membangun desanya kedepan labih baik,” tandasnya. (ris/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.