BPNT Siap Didistribusikan

PALABUHANRATU – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi tengah mempersiapkan rencana pendistribusian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Program ini merupakan pengganti program Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra).

“Ada 163.547 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kita akan merapatkannya terlebih dahulu soal pendistribusiannya dengan BNI, Bulog, Apdesi, Apekasi dan Bumdes,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi, Iwan Ridwan kepada Radar Sukabumi, Senin (2/4).

Bacaan Lainnya

Ia berharap, pendistribusian BPNT melalui e-warung yang difasilitasi Bumdes atau Rumah Pangan Kita (RPK) milik Bulog itu tidak ada KPM yang tidak terlayani.

“Semua harus bisa terlayani, makanya kita akan membahasnya terlebih dahulu,” paparnya.

Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kabupaten (TKSK) Sukabumi, Asep Naeli menambahkan, untuk KPM yang juga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), sudah didistribusikan bulan lalu. Sedangkan untuk pendistribusian kartu BPNT di bulan ini, jumlahnya sebanyak 105.328 KPM.

“Untuk agenda pembagiannya itu oleh BNI di titik yang ditentukan. Kalau kartu BPNT-nya sudah diterima, KPM bisa langsung membelanjakannya di e-warung yang sudah ditentukan,” tambahnya.

Dengan program BPNT ini para penerima tentu merasakan kegembiraan. Sebab, bantuan per-KPM mencapai Rp110 ribu untuk dibelanjakan di e-warung, berbeda dengan program Raskin ditahun sebelumnya. Para penerima manfaat harus membayar Harga Tebusan Rastra (HTR) senilai Rp1600 per kilogram. Untuk Januari-Maret 2018, KPM tak lagi harus menebus karena program tersebut sifatnya bantuan sosial (bansos).


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *