KABUPATEN SUKABUMI

BPBD Segera Gencarkan Simulasi Penanggulangan

SUKABUMI— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, rencana menggencarkan simulasi penanggulangan bencana. Hal itu, dilakukan karena pentingnya masyarakat mengetahui bagai mana cara menanggulangi bencana dan upaya antisipasi apabila terjadi bencana.

Terlebih, Kabupaten Sukabumi memiliki bentangan pantai sepanjang 112 Kilometer rawan terjadinya gempa bumi akibat pergeseran lempeng bumi dan tsunami.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten sukabumi, Maman Suherman mengatakan, agar sistematis langkah penanggulangan bencana dibawa dalam rapat koordinasi mitigasi dan simulasi tanggap bencana BPBD Kabupaten Sukabumi bersama Polres Sukabumi dan dinas terkait.

“Instruksi dari Kapolda Jawa Barat yang diindikasikan akan terjadi gempa. Makanya, kita adakan rapat koordinasi seluruh unsur untuk penanggulangan bencana,” kata Maman kepada koran ini usai rapat koordinasi di aula kantor BKPSDM Kadupugur, Selasa (16/10).

Rapat kordinasi lanjut Maman, bertujuan untuk menyatukan persepsi bagai mana memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam hal tanggap bencana.

“Mereka (masyarakat) harus paham bagaimana langkah yang dilakukan saat terjadi bencana. Salah satunya bagaimana masyarakat bisa menolong dirinya sendiri. Makanya kita berikan pemaham,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi menuturkan, selain sosilisasi kedepannya akan dilakukan simulasi tanggap bencana yang melibatkan seluruh unsur. Agar nantinya ketika terjadi bencana, masyarakat setidaknya bisa menolong dirinya sendiri.

“Nanti hasil dari sini kita akan melakukan namanya simulasi tanggap bencana, diperkirakan minggu keempat bulan Oktober. Namun mudah-mudahan di Kabupaten Sukabumi tidak terjadi bencana,” singkatnya.

 

(bam/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button