54 Warga Digembleng UMKM

PELATIHAN : Pendamping UMKM Jabar Juara, Iman Budiman saat memberikan pelatihan manajeman UMKM Jabar Juara kepada puluhan warga Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, kemarin (8/7).

CISAAT, RADARSUKABUMI.com – Puluhan warga Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, mengikuti pelatihan manajeman koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Juara Jawa Barat, kemarin (8/7). Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Desa Babakan ini, untuk membangun masyarakat dalam ekonomi mandiri melalui program UMKM Jabar juara.

Pendamping UMKM Jabar Juara, Iman Budiman mengatakan, kegiatan ini selain untuk mensosialisasikan UMKM Jabar Juara, juga untuk pembinaan warga Desa Babakan agar bisa lebih maju dalam kewirausahaannya.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah antusias warga sangat baik dalam mengikuti kegiatan ini. Nanti, warga yang mengikuti pelatihan ini akan menjadi peserta untuk mengiktui perlombaan UMKM Jabar Juara yang rencananya akan diselenggarakan pada 2020 mendatang,” kata Iman kepada Radar Sukabumi, kemarin (8/7).

Untuk itu, dalam pelatihan ini pihaknya bersama dengan narasumber pendamping One Pesantren One Produk (OPOP) Provinsi Jawa Barat, Trisnawandi dan Mentor UMKM Produksi Kabupaten Sukabumi, Emma Mahbubah akan mendorong warga agar memiliki keahlian dalam berwirausaha.

Seperti membuat sentral produksi makanan yang terbuat dari bongol pisang (Bosang) untuk dijadikan produk unggulan pada Jabar Juara 2020 nanti. “Jadi warga Desa Babakan, akan kami bina dalam membuat keripik, dengdeng dan abon yang berasal dari Bosang. Produk ini, akan kita pasarkan bukan hanya di daerah Sukabumi saja, namun ke daerah luar Jawa juga, seperti Sumatera dan Kalimantan,” bebernya.

Ia berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui UMKM Jabar Juara. “Dalam kegiatan ini, kami bukan hanya sekedar membantu warga dalam berbisnisnya saja. Tetapi SDM masyarakatnya juga akan kami tingkatkan. Supaya mereka mempunyai mindset dan jiwa wirausaha yang mandiri dan kreatif untuk mencapai kesuksesannya,” tandasnya.

Kepala Desa Babakan, Ahmad Sumitra mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kepada para pendamping UMKM yang sudah memberikan pemahaman dan ilmu berwirausaha kepada warganya. “Ada sekitar 54 warga Desa Babakan yang mengikuti pelatihan manajeman UMKM ini. Insya Allah ini akan sangat bermanfaat,” jelasnya.

Ia menambahkan, sosialisasi pelatihan manajeman UMKM Jabar Juara ini sangat penting dilakukan karena selain dapat meningkatkan pemahaman warga dalam berwirausaha juga dapat meningkatkan faktor ekonomi warga.

“Untuk itu, kami akan membuat pasar desa yang rencananya akan dibangun di kawasan jalur lingkar selatan. Di sana kita punya tanah milik desa seluas 1 hektare. Jadi nantinya semua produk dan kerajinan warga Desa Babakan akan kita pasarkan di sana,” pungkasnya. (Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.