Kabupaten Bandung Jadi Percontohan Proyek Program Sejuta Vaksin Jabar

Vaksin jabar
Tenaga kesehatan memberikan suntikan vaksin Covid-19 kepada anak usia 6-11 tahun. (FOTO: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

SOREANGKabupaten Bandung terpilih menjadi lokasi pilot project Program Sejuta Vaksin Jawa Barat (Jabar). Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes), capaian vaksin Kabupaten Bandung telah mencapai 2.526.777 orang atau 90,40 persen, dari total sasaran vaksin sebanyak 2.795.219 orang.

Hingga saat ini, capaian vaksinasi dosis ke-1 sebanyak 2.526.777 orang atau 90,40 persen, dosis ke-2 mencapai 1.848.563 orang atau 66,12 persen, dan sebanyak 67.370 orang atau 2,41 persen telah mendapatkan vaksin dosis ke-3 atau booster.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana mengungkapkan proyek percontohan tersebut, dapat meningkatkan capaian vaksinasi serta mempecepat terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) di Kabupaten Bandung.

Melalui program vaksinasi tersebut, pihaknya berharap angka kasus Covid-19 dapat terus menurun. Saat ini, angka kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung mencapai 36.609 kasus, dengan 33.925 terkonfirmasi sembuh, 2.071 positif aktif dan 613 orang meninggal dunia.

“Dengan begitu, mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Bandung pun akan terputus,” ujar Cakra di sela peluncuran program yang digelar di Dome Balerame, Soreang, Rabu (16/2/2022).

Sebagai daerah dengan jumlah penduduk kedua terbanyak di Jabar, Cakra meminta pendistribusian vaksin ke Kabupaten Bandung bisa berjalan lebih lancar. Sehingga pemberian vaksinasi dapat dilakukan lebih optimal dan aktivitas masyarakat kembali berjalan normal.

“Sama seperti Kabupaten Bogor, yang merupakan daerah dengan penduduk terbanyak di Jabar serta daerah penyangga Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi), sudah seharusnya pemerintah provinsi juga memprioritaskan Kabupaten Bandung yang merupakan wilayah metropolitan Bandung Raya,” ungkap Cakra.

Pihaknya menargetkan 3.000 masyarakat Kabupaten Bandung berpartisipasi dalam kegiatan gebyar vaksinasi tersebut, di mana 1.500 diantaranya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bandung.

Meski sudah divaksin, Cakra mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Kemudian kepada masyarakat yang sudah divaksin dosis pertama dan kedua, diimbau segera mengikuti vaksin booster.

“Insya Allah vaksinasi dapat mengurangi tingkat keparahan seseorang, apabila terkonfirmasi positif Covid-19,” pungkas Cakra.

Reporter: Fikriya Zulfah

Sumber: Radar Bandung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan