DP2KBP3A Kota Sukabumi Godog 50 Petugas Pencatat Bangga Kencana

DP2KBP3A Kota Sukabumi
DP2KBP3A Kota Sukabumi saat pelatihan petugas pencatat program Pembangunan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), Selasa (15/2).

SUKABUMI — Sebanyak 50 petugas lapangan Keluarga Bencana (KB), mendapatkan pelatihan pencatat program Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Sukabumi, Selasa (15/2).

Kepala Bidang Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) DP2KBP3A Kota Sukabumi, Ritta Rosita mengatakan, petugas akan mencatat berbagai capaian program pada fasilitas kesehatan, Pos KB, ketersediaan alat, obat kontrasepsi, maupun data dan laporan kegiatan program KB.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya laporan masih secara manual yang namanya Data dan Laporan (Dalap). Namun, saat ini Laporan Sintem Informasi Keluarga (Lasiga) yang terbaru, jadi dengan ada Aplikasi Lasiga ini mengupdate langsung. Begitu laporan by name by addresnya akan ketahuan data Pendataan Keluarga (PK) dinamis,” kata Ritta kepada wartawan, Selasa (15/2).

Lanjut Ritta, peserta yang mengikuti latihan ini semua bertugas di lapangan yang berlokasi di 33 kelurahan yang berada di tujuh kecamatan.

“Pelatihan ini hanya untuk petugas lapangan yang tersebar di semua kecamatan,” ucapnya.

Menurutnya, pencatatan program Bangga Kencana penting dilakukan untuk mengetahui capaian berbagai program yang telah dilaksanakan DP2KBP3A.

“Datanya juga sebagai bahan evaluasi untuk capaian selanjutnya,” paparnya.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, sambung Ritta, diharapkan program Bangga Kencana ini bisa berjalan sesuai harapan. “Mudah-mudahan para petugas bisa semakin piaway dalam melakukan pendataan,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan