Gubernur Segera Launching ‘Guru Keliling’

  • Whatsapp
Guru saat memberikan materi kepada murid di garasi teras yang dijadikan kelas di Pondok Labu, Tangerang Selatan, Jakarta (10/8/2020). Kegiatan ini terpaksa dilakukan karena murid mengalami kesulitan menguasai materi pelajaran saat proses belajar secara online. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuat inovasi belajar untuk anak sekolah di tengah pandemi Covid-19. Menurutny, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mencetuskan ‘Guru Keliling’ agar siswa maupun siswi yang belajar di rumah dapat efektif mengikuti pembelajaran.

“Jadi kita kemarin berinovasi akan membekali guru, gurunya kita minta mendatangi rumah-rumah penduduk. Jadi kita kasih ransel isinya alat-alat materi,” kata Ridwan Kami dalam diskusi virtual bersama JawaPos.com, Rabu (9/9).

Bacaan Lainnya

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menyebut, sebelum guru mendatangi rumah-rumah penduduk yang memang kurang akses internet, akan terlebih dahulu dilakukan tes swab PCR. Hal ini untuk memastikan guru tersebut sehat atau tidak terpapar Covid-19.

Inovasi ‘Guru Keliling’ ini didapat dari komunitas pendidikan. Mantan Wali Kota Bandung ini tak memungkiri, sebagian masyarakat di Jawa Barat susah untuk mendapatkan sinyal untuk belajar sekolah.

“Itu hasil tadi itu datang dari komunitas pendidikan yang mengatakan, Pak ini solusinya gimana sinyal nggak ada di daerah pedalaman kan begitu, anak-anak susah akses internet. Tapi gurunya semangat mau keliling ngasih pelajaran, kalau opsi itu ternyata bisa dan gurunya mampu, gurunya kita subsidi kita kasih ongkos bensinnya,” ujarnya.

Emil menyebut, inovasi ‘Guru Keliling’ ini akan dilaunching pada pekan depan. Hal ini untuk memberikan semangat kepada siswa dan siswi sekolah di tengah pandemi Covid-19. “Minggu depan baru launching gerakan guru keliling, untuk memberi semangat ke anak-anak di daerah yang susah sinyal,” pungkasnya.(wan/jpg)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *