Komisi VII DPR Dukung Penuh Rencana Geothermal TNGGP

  • Whatsapp
Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Pangrango tampak terlihat di wilayah Pacet-Cipanas Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

CIANJUR  – Komisi VII DPR RI mendukung penuh rencana pemerintah pusat dalam pengeboran sumur eksplorasi panas bumi atau energi Geothermal di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Hal tersebut ditegaskan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno saat ditemui usai kegiatan di Desa Palasari Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Minggu (19/9/2021).

Bacaan Lainnya

“Intinya semua energi yang berbasis hijau baru terbarukan tentu akan kita dukung dan dorong, tetapi dengan catatan diantaranya masalah perizinan, lingkungan hidupnya, serta kondisi sosialnya harus diperhatikan,” kata Sekjen PAN Eddy Soeparno itu kepada radarcianjur.com.

Lebih lanjut, legislator Fraksi PAN ini mengatakan, dalam rangka meningkatkan bauran energi seperti pembangkit-pembangkit Geothermal ini harus lebih ditingkatkan, meskipun perlu investasi yang besar. Tetapi kalau tidak mulai dari sekarang, mau kapan lagi.

“Jadi kami dari Komisi VII sangat mendukung adanya rencana pemerintah pusat itu, tetapi dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tidak boleh ada pelanggaran terhadap masalah lingkungan,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, tak hanya masalah dampak lingkungan, tetapi harus diperhatikan pula mengenai kondisi sosial masyarakat di sekitar, jangan sampai nanti karena mau dibangun, warga di wilayah tersebut jadi tergusur.

“Pada prinsipnya kita dukung pembangunan energi berbasis hijau itu,” tegasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *