Cakep, Polres Cirebon Layani Warga Buat SIM dibayar Sampah

Kepolisian Resor Kota Polresta Cirebon
Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, melayani 49 warga yang membuat surat izin mengemudi (SIM) dengan membayar menggunakan sampah.

CIREBON — Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, melayani 49 warga yang membuat surat izin mengemudi (SIM) dengan membayar menggunakan sampah. “Sampai saat ini sudah ada 49 warga yang memanfaatkan sampah untuk membayar pembuatan SIM,” kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman di Cirebon, Kamis.

Menurutnya, program pembuatan SIM menggunakan sampah merupakan upaya Polresta Cirebon untuk ikut mengurangi sampah di daerah itu, terutama sampah plastik. Ia mengatakan selama lima bulan program ini berjalan sudah ada 49 warga yang membuat SIM dengan menggunakan sampah

Bacaan Lainnya

Arif mengatakan tidak ada istimewa membuat SIM dengan membayar menggunakan sampah karena prosesnya tetap sama dan sesuai prosedur, yakni menyediakan fotokopi KTP, surat keterangan sehat, dan surat dari psikolog, dan mendaftar ke pelayanan SIM Polresta Cirebon.

“Namun, kelebihan membuat SIM dengan bank sampah adalah warga tidak lagi membayar ke bank untuk administrasi pembuatan SIM karena pembayaran sudah digantikan dengan sampah yang dikumpulkan pemohon yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat,” tuturnya.

Pos terkait