Sistem Ganjil Genap,Jalur Arteri Meningkat 10 Persen

BEKASI SELATAN – Jumlah kendaraan di jalan arteri meningkat 10 persen setelah diberlakukannya paket kebijakan oleh Pemerintah Pusat.

Paket kebijakan itu antara lain sistem ganjil genap, pengaturan jam operasional bus dan jalur khusus bus premium di Tol Jakarta Cikampek.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, peningkatan tersebut tidak memberikan dampak besar bagi lalu lintas (lalin) di jalur arteri. Bahkan, kondisi lalin cenderung sama dengan lalin normal.

“Saat ini tidak terjadi lah (kepadatan luar biasa di arteri). Peningkatan kepadatan tidak signifikan, paling hanya sepuluh persen,” ujar Yayan.

Ia menjelaskan, petugas Dishub Kota Bekasi yang melakukan pengamanan di Gerbang Tol Bekasi Barat 1,2 dan Bekasi lebih tenang. Karena, kondisi lalu lintas yang longgar.

Menurut dia, jumlah kendaraan yang tidak tahu sistem ganjil genap berkurang lantaran jumlah kendaraan pribadi berpelat nomor yang tidak sesuai juga makin sedikit. Ia berharap seluruh masyarakat dapat mematuhi paket kebijakan tersebut dan beralih menggunakan angkutan massal.

Terpisah, Humas Perum PPD Desi Puspita Sari mengatakan, beberapa hari kebelakang terjadi peningkatan penumpang TransJabodetabek.

“Hari kedua 500 penumpang, hari ini meningkat sekitar 20 persen,” kata dia saat dihubungi, Rabu (14/3/18).

(radar bekasi/neo)

Pos terkait