Liku-Liku Raymond Sihombing sampai Menjadi Pakar Hukum Antariksa di Rusia

Sesaat kemudian, sembari menahan tawa, si guru meminta Raymond tidak lagi mengucapkan kalimat itu. ’’Belakangan saya baru tahu bahwa kalimat ya ochen goryachiy berarti I’m a really hot guy,’’ ungkapnya.

Yang akhirnya banyak membantu proses adaptasinya adalah kemampuannya bernyanyi. Yang terasah dalam paduan suara di UI. Pada 2010 Raymond memenangi kompetisi vokal antarmahasiswa se-Rusia.

Bacaan Lainnya

Yang laga finalnya disiarkan di radio dan televisi milik pemerintah. Kemenangan itu membawa Raymond tampil dengan diiringi Orkestra Nasional Rusia dalam perayaan hari persatuan seluruh bangsa dan agama di Rusia yang jatuh pada 4 November.

Raymond tampil dua tahun berturut-turut pada 2010 dan 2011 di Georgievsky Hall, Kremlin. ’’Pada 2011, saya nyanyi di depan presiden Rusia saat itu, Dmitry Medvedev, dan PM Putin yang saat ini menjadi presiden,’’ ujar Raymond bangga.

Buntutnya, Raymond mendapat beasiswa tambahan untuk bekal doktoralnya. Yakni, beasiswa rektor RUDN dan beasiswa presiden Rusia. Sebab, dia dianggap berpartisipasi memelihara persahabatan dan toleransi antarmahasiswa se-Rusia lewat kegiatan-kegiatan antarkampus.

Djauhari Oratmangun, Dubes Indonesia untuk Rusia periode 2012–2016, mengakui bahwa Raymond adalah sosok populer di Rusia. Tidak hanya di antara WNI di sana, tapi juga di kalangan mahasiswa di Rusia.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *