Kala Guru Besar University of London Fasih Mendalang

  • Whatsapp

Mengenakan baju batik lengkap dengan blangkon menutupi kepalanya, seorang Guru Besar asal University of London, Matthew Isaac Cohen fasih menceritakan lakon Mintaraga saat tampil di atas panggung pertunjukan wayang.

Bule berdomisili asal Inggris itu, membuat penonton berdecak kagum atas kepiawaiannya sebagai seorang dalang. Tangannya luwes dan bahasanya fasih saat berbahasa Jawa. Matthew belajar mendalang sejak 30 tahun silam untuk promosi wayang, tidak hanya di Indonesia tapi mancanegara.

Wildan Ibnu Walid, Cirebon

LANTUNAN suara gamelan menggema di pelataran Pasanggrahan Balai Desa Kondangsari, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Minggu (22/7). Sekitar 10 orang nayaga, masing-masing memainkan alat musik tradisional, dari mulai Bonang, Kendang, Kenong, Suling, Demung, Slenthem dan Gender.

Sambutan penonton bergemuruh. Saat seorang pedalang asal Amerika, Matthew Isaac Cohen mulai menyampaikan suluk dan membawa cerita lakon Mintaraga. Dengan fasih berbahasa Jawa Cirebonan, Matthew nampak begitu menghayati isi cerita lakon pertunjukan wayang.

Sebagai seorang Indonesianis yang menekuni budaya Indonesia, khususnya bidang wayang dan pedalangan, ia terus akan mengabdikan diri di dunia seni dalang. Tak hanya itu, Wayang yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan leluhur asli budaya Indonesia, Matthew pun turut mempromosikannya ke belahan bumi Eropa dan Amerika.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *