Ketika Fintech Mulai Gerus Industri Finansial Konvensional

Sebab, Bank Indonesia (BI) telah memperbolehkan fintech asing seperti Alipay dan WeChat masuk ke Indonesia. Syaratnya, mereka harus menggandeng bank umum kelompok usaha (BUKU) IV yang punya modal inti Rp 30 triliun.

Bank yang sudah bekerja sama itu adalah BNI dan CIMB Niaga dengan WeChat, sedangkan Alipay bekerja sama dengan BRI dan BCA. Fintech asing yang masuk ke Indonesia harus membuka rekening di BUKU IV agar transaksinya terekam di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Kalau langsung atau direct ke asing, nanti kita tidak tahu datanya. Nah, karena settlement-nya di dalam negeri, ya kita bisa tahu sehingga membawa dampak positif untuk kegiatan ekonomi kita,” tutur Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng. Keterbukaan pada fintech asing itu dilakukan untuk mendongkrak kinerja sektor pariwisata Indonesia. Sebab, pengguna Alipay dan WeChat adalah para wisatawan, terutama yang datang dari Tiongkok.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Anton Gunawan menilai, bank-bank besar memang tak perlu khawatir dengan kedatangan fintech, baik yang lokal maupun asing. Namun, yang justru merasakan persaingan adalah bank kecil seperti bank umum kelompok usaha (BUKU) I dan bank perkreditan rakyat (BPR). Terutama dari sisi lending. Sebab, bank menengah dan besar masih bisa bersaing dari sisi bunga.

Dengan likuiditas yang melimpah, bank-bank besar masih memberikan bunga yang lebih murah dibanding fintech. Sementara itu, BUKU I dan BPR terkadang harus melakukan channeling ke bank yang lebih besar untuk mendapatkan dana. Karena itu, bunga dari bank kecil yang dibebankan ke nasabah lebih besar.

Di sisi lain, kata Anton, bank kecil dengan fintech mempunyai mekanisme pengajuan kredit yang lebih simpel dibanding bank besar. Keduanya pun bersaing meski tidak secara head-to-head. Sebab, fintech pada dasarnya menyasar segmen yang unbankable, yakni masyarakat yang tidak terjangkau oleh bank. “Tetapi, fintech kan masih lebih praktis ketimbang BPR dan BUKU I. Kan tinggal pegang handphone,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *