Produk Lokal Bisa Dongkrak Ekonomi Daerah

SUKABUMI – Ketua Rumah Kreatif Sukabumi (RKS) Toto Mursetomeminta pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi, terus mendukung serta memperhatikan nasib para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal. Supaya mereka maju, dan produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk luar.

“Dengan adanya dukungan dari pemerintah, produk UMKM lokal mampu meningkatkan perekonomian daerah,”kata Toto kepada Radar Sukabumi, kemarin (24/10).

Bacaan Lainnya

Salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap para pelaku UMKM lokal, dengan menjadikan produk UMKM naik kelas. “Caranya, dengan membuat peraturan walikota (Perwal) atau peraturan bupati (Perbup) untuk mengatur kepada setiap minimarket yang ada di Sukabumi menyediakan satu tempat saja, khusus untuk produk UMKM lokal,”ujarnya.

Apalagi sekarang sekitar 340 minimarket tersebar di Sukabumi. “Ya, coba bayangkan saja di Sukabumi itu ada sekitar 340 minimarket seperti Alfamart dan Indomart, dengan jumlah UMKM sekitar 6000 se-Sukabumi. Dalam sebulan transaksi UKM bisa mencapai Rp500 juta, dan itu sudah sangat membantu perekonomian setiap daerah,”imbuhnya.

Dia menilai, hingga saat ini pemasaran produk masih menjadi kendala yang dihadapi para pelaku UMKM lokal. Untuk itu, perlu ada dukungan serta peran aktif dari pemerintah setempat.

“Untuk UMKM yang sudah naik kelas khusus lokal Sukabumi, kita baru dengan toserba Yogya yang sudah bekerja sama, sudah ada sekitar 40 hasil produk UMKM lokal Sukabumi terpampang di sana,” ucapnya.

Menurutnya, sudah menjadi tugas bersama pemerintah daerah untuk mewujudkan kondisi perekonomian yang adil untuk masyarakat.” Terlebih menjaga stabilitas ekonomi yang sehat, dan dinamis,”singkatnya.(wdy)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.