PERBANKAN

BJB Dukung Pekerja Migran Indonesia

SUKABUMI – PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (BJB) sebagai anggota TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah), memiliki peran sebagai koordinator kelompok kerja optimalisasi akses keuangan.

Di mana BJB berperan serta aktif dalam mendukung program-program TPAKD yang selaras dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), dan Visi Misi BJB.

TPAKD sendiri merupakan suatu forum koordinasi antar instansi dan stakeholders terkait, untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Bertempat di Hotel Augusta Sukabumi, Rabu (4/3) telah diselenggarakan kegiatan “Sosialisasi KUR Pekerja Migran Indonesia dan Literasi Keuangan bagi Asosiasi, Lembaga dan Pelaku Usaha di Bidang Jasa Penyelenggaraan Tenaga Kerja”.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sukabumi Agus Ernawan, dan dihadiri oleh perwakilan OJK Regional II Jabar Iman K Nugraha, Perwakilan BJB Grup Bisnis dan UMKM Kanwil I, Perwakilan BJB Cabang Palabuhan Ratu, Organisasi Perangkat Daearah (OPD) Kabupaten Sukabumi, Kepala Kantor Imigrasi Sukabumi, BP Jamsostek, APINDO, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, BP2MI dan beberapa perusahan P3MI.

Diselenggarakanya acara ini tentunya karena BJB dipercaya oleh pemerintah, sebagai salah satu Bank Penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) termasuk KUR TKI.

Saat ini, Provinsi Jabar merupakan salah satu provinsi yang tercatat paling banyak dalam pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri. Hal ini yang menjadikan peluang bisnis bagi BJB, dalam pembiayaan penempatan PMI melalui KUR TKI.

Dihubungi secara terpisah, Widi Hartoto selaku Pemimpin Divisi Corporate Secretary BJB menuturkan, bentuk sosialisasi yang telah diselenggarkan ini merupakan bukti nyata BJB selalu mendukung program-program pemerintah, terutama sebagai Bank Penyalur yang mendukung program pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan.

“Selain itu sebagai bentuk dukungan bagi PMI yang merupakan pahlawan devisa dan duta bangsa,” tegas Pemimpin Divisi Corporate Secretary BJB, Widi Hartoto melalui keterangan resminya yang diterima Radar Sukabumi. (*/sri)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button