Musim Hujan di Sukabumi, Harga Cabai Rawit Turun

pasar Kota Sukabumi
Salah seorang penjual komuditas cabai di salah satu pasar Kota Sukabumi

SUKABUMI – Harga komuditas cabai merah di Pasar Tipar Gede dan Pasar Pelita Kota Sukabumi, mulai menurun. Terbukti, dari rata yang tercatat Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) cabai rawit merah turun dari Rp42.000 menjadi Rp.40.000 perkilogram.

Kepala Seksi Pengawasan Barang dan Strategis Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki mengatakan, terdapat beberapa bahan pokok penting (Bapokting) saat saat ini mengalami perubahan harga yakni, selain harga cabai tomat kecil juga ikut menurun dari Rp.14.000 jadi Rp.12.000 perkilogram.

Bacaan Lainnya

“Memasuki musim hujan biasanya pasokan barang berkurang karena hasil panen petaninya juga berkurang,” kata Rifki kepada Radar Sukabumi, Kamis (24/11).

Adapun, lanjut Rifki, Bapokting lainnya yang mengalami peningkatan harga diantaranya cabau hijau besar naik dari Rp.15.000 jadi Rp.16.000 perkilogram, cabe keriting merah naik dari Rp.32.000 jadi Rp.34.000 perkilogram. “Perubahan harga terjadi sudah sekitar satu minggu ini,” ucapnya.

Sementara Bapokting lainya, tambah Rifki, tetrgolong masih normal. Seperti, beras, gula pasir, bawang putih, garam, terigu, dan minyak goreng.

“Untuk harga bapokting lainya masih normal. Termasuk dengan ketersediaan, sampai dengan Penyaluran dan pendistribusian barang hingga saat ini terpantau dalam kondisi aman dan lancar,” ucapnya.

Kendati demikian, sambung Rifki, Diskumindag memastikan tersediaan komuditas tersebut sejauh ini cukup aman. “Setiap hari petugas melakukan pemantauan terkait harga hingga stok barang, alhamdulillah pasokan masih cukup aman,” tutupnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *