Harga Cabai di Kota Sukabumi Mulai Menurun

Pasar tradisional Kota Sukabumi
Pasar tradisional Kota Sukabumi

SUKABUMI – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, mencatat komuditas cabai merah di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Geude mulai berangsur turun, Jumat (3/11).

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, beberapa bahan pokok penting (Bapokting) yang saat ini mengalami penurunan harga yakni, Cabai merah besar TW turun dari Rp.48.000 jadi Rp.45.000, Cabai rawit merah turun dari Rp.80.000 jadi Rp.78.000, Cabai rawit hijau turun dari Rp.60.000 jadi Rp.55.000 dan Buncis turun dari Rp.28.000 jadi Rp.25.000 perkilogram.

Bacaan Lainnya

Kepala seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M. Rifki mengatakan, peningkatan harga bahan pokok penting (Bapokting) ini sudah terjadi beberapa hari terakhir. “Dari pantauan petugas di lapangan saat ini Komuditas cabai sudah mengalami penurunan harga,” kata Rifki kepada Radar Sukabumi, Jumat (3/11).

Lanjut Rifki, penurunan harga terjadi akibat beberapa faktor salah satunya akibat jumlah pasokan lebih banyak dibanding permintaan. Sehingga, hal itu berdampak pada meroketnya harga cabai. “Kalau jumlah pasokan lebih banyak dari jumlah permintaan maka akan berdampak pada penurunan harga,” tuturnya.

Sementara, untuk harga komoditas lainya, masih terpantau stabil. Seperti, beras, minyak goreng, garam, terigu, bawang putih, gula, terigu dan bawang merah. “Begitu juga, flutuaktif harga masih dalam batas kewajaran, serta ketersediaan masih tergolong aman dan lancar,” ucapnya.

Kendati demikian, sambung Rifki, stok Bapokting di pasar tradisional Kota Sukabumi masih cukup aman. “Kami setiap hari melakukan pemantauan untuk memastikan stok aman dan kenaikan harga tidak signifikan,” tutupnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *