Ini 9 Makanan Khas Sukabumi yang Perlu Dicoba

Mochi
Mochi (instagram.com/kulinerterus)

SUKABUMI — Tak hanya terkenal dengan wisatanya, Sukabumi memiliki beberapa makanan khas yang wajib dicicipi. Meski makanan khas ini banyak yang bilang mirip dengan daerah di Jawa Barat yang lain, ternyata dari segi rasa tentunya tak kalah enak. Apa saja makanan khas Sukabumi Versi Radar Sukabumi, simak dibawah ini.

1. Geco

Bacaan Lainnya
Geco (instagram.com/initehwini)

Ya, geco adalah makanan khas sukabumi. Memang, Sekilas, kuliner yang satu ini mirip dengan kupat tahu dengan berisikan taoge, potongan ketupat, irisan kentang, telur rebus, mie aci, cuka lahang, kecap manis, dan tak lupa pula beri sambal cabai rawit sebagai penambah penguat rasa. Namun bedanya, geco menggunakan tauco sebagai saus topping sehingga geco memiliki perpaduan cita rasa autentik di lidah. Patut dicoba untuk yang suka kuliner khas kedaerahan.

2. Surabi

Surabi
Surabi (instagram.com/jopi.jufiarti)

Nah, untuk makanan satu ini percis seperti makanan dari daerah Bandung, kudapan tradisional yang satu ini pun milik kuliner khas Sukabumi juga. Serabi memang jadi salah satu kudapan jadul yang kini kian diminati berkat dikreasikan dengan berbagai isian topping sehingga terlihat lebih kekinian. Selain itu, banyaknya varian rasa serta dipadu tekstur lembut inilah, jangan lupakan serabi ketika berada di Sukabumi ya. Mulai dari Surabu duren yang banyak diminati banyak juga surabi jenis lain.

3. Bubur ayam

Bubur ayam (instagram.com/rezaeats)

Bubur ayam, ya makanan ini menjadi salah satu makanan khas Sukabumi yang wajib kamu coba saat pertama kali menginjakkan kaki di Sukabumi. Meski, orang sukabumi menyebutnya makanan untuk orang sakit, namun sekarang makanan ini semakin mantap disukai mayarakat. Bahkan sekarang banyak dijual lewat pedagang kaki lima maupun restoran, bubur ayam di sini memiliki isian topping cukup melimpah yang dijamin bisa membuat perut hangat dan kenyang seketika.

4. Sekoteng

Sekoteng
Sekoteng (instagram.com/sukabumikuliner)

Untuk yang keempat, di Sukabumi, ada minuman tradisional bernama sekoteng yang kenikmatannya seketika mampu menghangatkan badan. Semangkuk sekoteng khas Sukabumi ini berisikan isian cukup unik dan melimpah, dijamin rasanya gak hanya lezat tapi juga mengenyangkan. Saat ini banyak yang jualan di pingir jalan dengan cara dipikul ataupun di toko-toko kecil.

5. Nasi uduk ungu

Nasi uduk ungu
Nasi uduk ungu (instagram.com/vindriyanicitra)

Nasi uduk memang jadi salah satu makanan yang banyak dikenali oleh masyarakat Indonesia. Nah, jika umumnya nasi uduk berwarna putih, maka lain halnya dengan yang ada di Sukabumi. Sebab, nasi uduk di sini memiliki warna ungu berkat memadukan warna alami dari buah bit ataupun ubi ungu. Walaupun demikian, nasi uduk ungu ini tetap disajikan bersama lauk pauk khas seperti nasi uduk pada umumnya. Bedanya nasi ini berbentuk Ungu

6. Nasi tutug oncom

Nasi tutug oncom
Nasi tutug oncom (instagram.com/lilyminarosa)

Menjadi salah satu kuliner khas Jawa Barat, tentu nasi tutug oncom bisa kamu temukan saat berwisata kulineran di daerah Sukabumi. Nasi tutug oncom sendiri berupa nasi putih yang diberi campuran oncom lalu disajikan bersama pelengkap lauk khas Sunda. Nah, dengan dihidangkan bareng aneka lauk pauk inilah, nasi tutug oncom layak masuk ke dalam daftar wisata kulineranmu di Sukabumi. Biasanya hidangan ini ada di lestoran tertentu dan warung makan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *