Koperasi Direformasi Total

JAKARTA – Bisnis koperasi dinilai sebagai usaha yang masuk ke dalam kategori usaha skala besar, dan mampu bersaing dengan usaha swasta.

Bahkan, ada koperasi yang mampu mendulang aset lebih dari Rp 7 triliun. Pemerintah akan terus mereformasi koperasi, agar makin berkualitas.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Meliadi Sembiring mengatakan, kementerian sudah memiliki program reformasi total koperasi yang meliputi rehabilitasi dan reorientasi. Program ini untuk menunjang pertumbuhan koperasi yang berkualitas.

“Revitalisasi itu intinya bagaimana kita menempatkan koperasi kembali ke jalur yang benar,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, koperasi akan dibenahi dengan melakukan penataan data koperasi. Pihaknya mengaku sudah menutup koperasi yang sudah tidak aktif lagi.

“Supaya ke depan semua koperasi yang aktif yang kita bina, itu rehabilitasi,” jelas Meliadi.

Sedangkan reorientasi bertujuan untuk mengarahkan koperasi, dari kuantitas menjadi kualitas. Jadi kedepannya koperasi akan semakin berkualitas.

“Ke depan kita berharap koperasi bisa lebih aktif dalam penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat),” harap Meliadi.

Pengamat koperasi Irsyad Muchtar mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukannya selama dua tahun terakhir, bisnis koperasi skala besar terus tumbuh di berbagai daerah di Tanah Air.

Menariknya, koperasi berskala justru berkembang di kota-kota yang terbilang relatif kecil.

Saat ini, koperasi juga sudah banyak dipimpin oleh kaum muda berusia 24,6 tahun.

Selain itu, kemampuan koperasi untuk tanggap dengan perubahan teknologi yang berkembang kini juga menggembirakan.

Bahkan, kata dia, banyak koperasi yang membangun jaringan usahanya berbasis digital, dan melakukan transaksi online layaknya perbankan.

“Hampir semua koperasi besar, kini familiar dengan teknologi informasi,” ujar penulis buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2017 ini. (rmol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *