Industri Berlomba-lomba Raih Sertifikasi B Corp

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Setiap perusahaan ditantang menerapkan prinsip-prinsip bisnis yang memberikan dampak positif untuk lingkungan, konsumen dan sosial masyarakat, serta mendorong tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan.

Hal ini seiiring dengan gaya hidup dan harapan masyarakat yang kini makin berubah. Masyarakat mulai mencari pilihan produk untuk dikonsumsi yang lebih sehat tidak hanya bagi mereka tetapi juga lingkungan.

Bacaan Lainnya

Dalam survei kepercayaan konsumen global oleh The Conference Board yang dilakukan bekerja sama dengan Nielsen pada 2017, 81% responden global merasa sangat penting bagi perusahaan untuk berperan serta memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Di tingkat global, pelaku bisnis telah lama berkomitmen untuk menghadirkan bisnis yang memberi dampak positif terhadap lingkungan, ekonomi dan juga sumber daya manusianya. Semangat tersebut terwujud melalui B Corporation (B Corp), yaitu sertifikasi internasional untuk perusahaan yang diberikan oleh Lembaga Non Profit B Lab, sebuah lembaga yang mengkampanyekan bisnis untuk kebaikan.

Sertifikasi B Corp diberikan kepada perusahaan yang selama proses audit mampu membuktikan bahwa bisnis prosesnya – mulai dari rantai pasok, sistem operasional hingga produk/service yang dilempar ke pasar bisa memberikan dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan.

Di Indonesia, B Corp mulai dikenal sejak 2018 yang lalu. Sejak itu, B Corp menjadi inspirasi sejumlah perusahaan di Indonesia. Berbagai manfaat akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan bersertifikasi B Corp.

Antara lain B Corp mendorong perusahaan menjalankan bisnis dengan memperhatikan dampak positif terhadap terhadap sosial dan lingkungan. Perusahaan yang tersertifikasi B Corp juga harus memastikan tata kelola perusahaannya memberikan dampak yang baik untuk internal, misalnya dengan memastikan terpenuhinya manfaat kepada karyawan secara finansial maupun non finansial.

Perusahaan B Corp juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam konteks Sustainable Development Goals (SDGs) yang meliputi 3 dimensi pembangunan berkelanjutan, yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi. Hal itu selaras dengan visi B Corp yang mendorong bisnis untuk senantiasa mengedepankan kesejahteraan manusia dan keberlangsungan planet tempat tinggal kita.

Amalia Adininggar Widyasanti, Staf Ahli Menteri Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan BAPPENAS mengatakan B Corporation sebagai langkah bersama untuk mencapai target SDG’s.

“Sustainability sudah menjadi gaya hidup terutama di kalangan millennial. Saya yakin, belum banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya pembangunan berkelanjutan. Diharapkan, sertifikasi B Corp ini harus mencadi concern bersama dimana perusahaan turut membangun sistem kebaikan, baik di dalam perusahaan maupun bagi konsumen,” beber Amalia di Jakarta.

Danone – AQUA menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi B Corp pada Februari 2018. Hal ini menjadi pembuktian selama perjalanan Danone – AQUA di Indonesia telah menerapkan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berkontribusi dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungan.

Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia mengatakan bahwa sertifikasi B Corp telah mendorong Danone-AQUA melakukan perubahan yang juga berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Di samping terus memberikan akses air bersih kepada lebih dari 165.000 penerima manfaat, Danone- AQUA juga mendorong terbentuknya ekonomi inklusif dengan memberdayakan perempuan melalui mikro distribusi AQUA Home Services.

“Saat ini ada 7300 lebih ibu rumah tangga menjadi mitra AHS yang juga merupakan penyumbang pendapatan keluarga,” ucapnya.

Di bidang lingkungan, perusahaannya juga berkomitmen untuk mengumpulkan lebih banyak plastik dari yang di produksi tahun 2025 dan melakukan inovasi produk 100% terbuat dari hasil plastik daur ulang.

“Produk inovatif ini adalah sumbangan kami untuk mengatasi permasalahan plastik di Indonesia,” ujarnya.

 

(esy/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *