EKONOMI

Indomaret-Happytos dan Pemkot Sukabumi Gelar Seminar UMKM

SUKABUMI – PT.Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Bogor dan Happytos berserta Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa Seminar UMKM untuk para pelaku UMKM Kota Sukabumi. Acara digelar di Gedung Juang 45, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Kamis (31/10/2019).

Kegiatan yang bertajuk “Menumbuhkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Inovasi dan Kreativitas UMKM untuk menembus Pasar Modern” diikuti oleh 160 UMKM binaan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskop UKM-PP) Kota Sukabumi. Acara tersebut dibuka oleh Walikota Sukabumi Achmad Fahmi.

Kepala Cabang PT.Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Bogor Kristianto Indra Setyawan mengatakan, acara ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Indomaret terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Sukabumi khususnya para pelaku UMKM, agar bisa lebih berkembang dalam menghadapi perekonomian global.

“Indomaret mengajak para pelaku usaha Kota Sukabumi dan masyarakat pada umumnya dapat berkompetisi di pasar global. Kami juga mendukung program pemerintah dalam pengembangan kewirausahaan,” ucapnya.

Indomaret UMKM Kota SUkabumi2 - Indomaret-Happytos dan Pemkot Sukabumi Gelar Seminar UMKM
Foto bersama Wakil Walikota Sukabumi Andri Hamami bersama Indomaret

Dikatakan Indra begitu sapaan akrabnya, salah satu tujuan diadakannya seminar ini memberikan motivasi khususnya kepada para pelaku UMKM di Kota Sukabumi supaya mereka masuk ke pasar global, dan mampu berdaya saing menghadapi MEA nantinya. Selain memberikan edukasi, Indomaret juga memberi kesempatan kepada pelaku UMKM Kota Sukabumi, agar produk mereka bisa masuk ke Indomaret.

“Selain mendukung dengan cara mengedukasi, kita juga menggandeng pelaku UMKM agar produk mereka bisa masuk ke Indomaret kita bantu penjualan produk mereka ke tingkat yang lebih tinggi,” ucapnya.

Diakuinya, untuk di kota-kota lain produk UMKM masuk Indomaret sudah mulai berjalan. Namun untuk Kota Sukabumi ini baru pertama kali dilaksanakan.

 

Indomaret UMKM Kota SUkabumi3 - Indomaret-Happytos dan Pemkot Sukabumi Gelar Seminar UMKM
Penyerahan gerobak dari Indomaret dan Happytos Salah satu

“Tadi sudah kita lihat-lihat produknya dan kita juga adakan seleksi, yang penting syarat untuk bisa masuk ke Indomaret itu produknya harus lengkap mulai dari kemasannya menarik atau tidak, sertifikasi halal, ada izin PIRT dan BPOM juga,” tuturnya.

Tidak lupa, melalui kegiatan ini Indomaret dan Happytos selain memberikan edukasi dan pembinaan langsung terhadap para pelaku UMKM, Indomaret juga memberikan gerobak kerjasama untuk para pelaku usaha binaan Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, dan beberapa hadiah undian doorprize untuk beberapa peserta terpilih pada saat seminar berlangsung.”Ada sekitar delapan gerobak yang kita berikan,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator UMKM Juara Kota Sukabumi dan Tim Sinergitas ABCGM Kota Sukabumi, Sri Puji Rahayu mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Acara ini diselenggarakan oleh Indomaret yang berkolaborasi bersama sinergritas ABCGM Kota Sukabumi dan UMKM Jabar Naik Kelas. Untuk pesertanya ada sekitar 160 yang terdiri dari berbagai komunitas UMKM di Kota Sukabumi,” ucapnya.

Indomaret UMKM Kota SUkabumi4 300x138 - Indomaret-Happytos dan Pemkot Sukabumi Gelar Seminar UMKM
Salah satu pelaku UMKM Kota Sukabumi mendapatkan bantuan gerobak dari Indomaret-Happytos

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan pelaku UMKM di Kota Sukabumi bisa lebih baik lagi, dan banyak dari mereka yang mampu menembus pasar global.

“Kita berharapnya ada peningkatan bagi para pelaku UMKM kita sesuai dengan visi dan misi yang kita kerjakan, dan mudah-mudahan banyak dari produk lokal Sukabumi ini bisa lolos ke Indomaret,” pungkasnya. (wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan