Hapus DP Nol Persen Roda Dua

  • Whatsapp
Ilustrasi

YLKI menduga, POJK No. 35/2019 diintervensi industri otomotif. POJK itu akan mengakibatkan penjualan kendaraan bermotor meningkat tajam, khususnya roda dua. Dan, itu akan mengakibatkan tingkat kecelakaan lalu lintas makin tinggi. Bahkan akan memicu pemiskinan baru.

Bacaan Lainnya

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS), kredit sepeda motor telah memicu kemiskinan khususnya rumah tangga miskin. Itu karena banyak rumah tangga miskin terjerat kredit macet sepeda motor.

Kebijakan OJK itu juga tidak sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) supaya masyarakat menggunakan angkutan umum.

Dengan kebijakan itu, minat masyarakat akan makin turun menggunakan angkutan umum dan memilih menggunakan kendaraan pribadi, apalagi dengan stimulus DP nol persen.

Karena itu, YLKI mendesak OJK membatalkan POJK No. 35/2018 yang melegalisasi DP nol persen tersebut. YLKI juga meminta biaya operasional OJK seharusnya berasal dari APBN, bukan dari industri financial.

”Itu penting supaya OJK objektif tidak lembek seperti sekarang, ketika berhadapan dengan industri financial,” gerutu Tulus.

 

(dai)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *